Ketua Gerakan Pramuka Kwartir daerah (Kwarda) Maluku Widya Pratiwi dilantik jadi pengurus Kwarda Nasional (Kwarnas) sebagai koordinator wilayah Bali, NTB, NTT,  Maluku dan Maluku Utara.

"Pelantikan dilakukan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dari Istana Negara secara hybrid," kata Widya Pratiwi dalam keterangan yang diterima di Ambon, Sabtu.

Pada kesempatan itu juga kata Widya dilakukan pelantikan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka 2023-2028 yaitu Komjen Pol (Purn) Budi Waseso.

Menurut Widya gerakan Pramuka merupakan organisasi pendidikan untuk kaum muda yang penting untuk mendidik karakter, kecakapan hidup, dan rasa kebangsaan yang kuat.

“Sebagai pengurus Kwarnas, saya berkomitmen untuk terus mengembangkan Gerakan Pramuka di Provinsi Bali , NTT, NTB,  Maluku dan Maluku Utara, serta berkontribusi dalam mewujudkan generasi muda yang berkarakter, cerdas, dan berwawasan kebangsaan,” tutur Widya yang merupakan istri Gubernur Maluku Murad Ismail.

Bagi Widya pelantikan ini merupakan amanah dan tanggung jawab besar untuk memberikan sumbangsih dengan ikut mencerdaskan anak bangsa melalui Pramuka 

Sementara itu selama menjabat sebagai Ketua Kwarda Pramuka Maluku beragam torehan prestasi pun telah diraih untuk mengharumkan nama daerah itu.

Sala satunya yakni  penghargaan tunggul Kwarda Tergiat Il Wilayah Regional IV (Maluku – Papua) dalam Musyawarah Nasional (Munas) XI Gerakan Pramuka  2023 yang dipusatkan di Provinsi Aceh. 

Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas pelaksanaan program kegiatan dan prestasi kerja yang diraih oleh Kwarda.

Selain itu di bawah kepemimpinan Widya,  Kwarda Maluku juga ikut serta dalam Jambore Pramuka internasional di Korea Selatan beberapa waktu lalu.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024