PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) melakukan pengecekan memastikan perlengkapan peralatan dan kesiapan personel dalam kondisi aman dan siap beroperasi di masa Siaga Ramadan dan Idul Fitri( Rafi) 2024.

Pengecekan dilakukan General Manajer PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula di enam titik yang tersebar di Pulau Ambon, Sabtu. 

Enam titik yang menjadi sasaran kunjungan yakni Gardu Induk Sirimau, ULP Ambon Kota, PLTD Poka, GI Passo, ULP Baguala, dan Ambon Peaker. 

Dalam kunjungannya, Awat melihat secara langsung kelengkapan peralatan untuk memastikan kelayakan saat beroperasi dan siap digunakan di masa Siaga Lebaran dan Idul Fitri 2024.

"Sebelum apel Siaga Lebaran dan Idul Fitri, kami sengaja turun ke lapangan untuk mengecek dulu. Agar peralatan yang disiapkan besok itu sudah aman," katanya. 

Setelah mengecek dari lokasi satu ke lainnya, dipastikan, sistem Ambon relatif aman dengan beban puncak telah tercapai pada 4 April 2024 , sebesar 63,11 WM dengan cadangan sebesar 64, 15 MW.

Pihaknya juga memastikan, peralatan kelistrikan lainnya, termasuk alat pendukung seperti kendaraan dan crane semuanya dalam kondisi aman dan layak pakai.

Sementara untuk personel, pihaknya menekankan agar tetap memperhatikan kondisi kesehatan. Untuk itu, dukungan diberikan dengan pemberian suplemen dan makanan penambah energi, sekaligus antisipasi adanya personel yang kelelahan saat bertugas.

"Kami tekankan kepada semua personel yang nantinya bersiaga agar mengutamakan kesehatan dan keselamatan, budaya K3 harus melekat di setiap insan PLN. Jika lelah, atau kondisi drop, bisa langsung dikoordinasikan agar pergantian personel," ujar Awat. 

Awat berharap melalui pengecekan ini, pihaknya bisa memberikan performa terbaik dalam mengawal lebaran Idul Fitri 2024 di Maluku dan Maluku Utara.

Senior Manager Transmisi dan Distribusi PLN UIW MMU Redi Zusanto menambahkan, dipastikan di 164 sistem isolated dapat disuplai dengan andal, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan pemadaman listrik. 

"Kami juga telah melakukan pemeliharaan pada pembangkit maupun jaringan distribusi di beberapa titik lokasi, sehingga semoga dapat memberikan pelayanan prima jelang Idul Fitri dari masa periode 3 sampai 18 April 2024", ujarnya. 
 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024