Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut) akan melaksanakan Shalat Idul Fitri 1445 Hijriah tahun 2024 dipusatkan di Masjid Raya Al-Munawwar.

"Untuk Pemkot Ternate Shalat Id dipusatkan di Masjid Raya Al-Munawwar, tetapi untuk waktu masih menunggu ," kata Kabag Kesra Setda Kota Ternate, Muhammad Ichsan di Ternate, Selasa.

Menurut dia, Wali Kota Ternate Muhammad Tauhid Soleman bersama seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan masyarakat Kota Ternate bersama-sama akan melaksanakan Shalat Id di masjid terbesar di Kota Ternate tersebu.

Selain itu, saat ini, waktu pelaksanaan belum ditetapkan, namun untuk imam dan khatib sudah ditentukan.

"Untuk imam Shalat Id Alkadri Taha Kotu dan Khatib Ketua MUI Kota Ternate Prof. Dr. Jubair Situmorang," ujarnya.

Baca juga: Genap 30 hari Ramadhan, warga Wakal Maluku Tengah laksanakan Shalat Idul Fitri hari ini

Sementara itu, Sekretaris Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Al-Munawwar Ternate, Abdullah Kahar mengatakan, pihaknya akan memasang tenda di samping masjid hingga kawasan parkir antara masjid dengan Dhuafa Center.

"Kami siapkan tenda dan lahan parkir untuk dijadikan sebagai tempat shalat karena dikhawatirkan jamaah membludak," ujarnya.

Oleh karena itu, dirinya mengajak warga Ternate untuk bersama-sama menjalankan ibadah Shalat Id 1445 Hijriah di masjid Al-Munawwar Ternate.

Di samping itu, dirinya mengakui, bulan Ramadhan ini memiliki pelajaran bagi umat untuk selalu berbuat terbaik dengan memberi perhatian kepada fakir miskin, janda, mendapatkan ganjaran di akhirat nanti dan Idul Fitri merupakan kebahagiaan atas seluruh amal ibadah yang dilakukan.


Baca juga: Jamaah abadikan momen setelah Shalat Id di depan Masjid Raya Maluku

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024