Kapolda Maluku Utara Irjen Pol Midi Siswoko meninjau Kecamatan Ibu, Kabupaten Halmahera Barat yang mengalami dampak letusan Gunung Ibu sekaligus memberikan bantuan kepada warga terdampak erupsi gunung itu, Sabtu.

"Tujuan utama kami datang ke sini adalah memberikan bantuan sosial sekaligus meninjau langsung kondisi warga pascaletusan Gunung Ibu," katanya di hadapan masyarakat setempat di Halmahera Barat, Sabtu.

Kunjungan ini, kata dia, untuk mengetahui secara langsung kondisi masyarakat terdampak erupsi serta memberikan berbagai solusi dan bantuan untuk meringankan beban masyarakat.

Dalam kunjungan itu, Kapolda Midi Siswoko didampingi Wakapolda Malut Brigjen Pol Samudi, serta pejabat utama polda setempat,

Ia menegaskan pentingnya kehadiran pihak berwenang di tengah masyarakat yang sedang mengalami kesulitan akibat bencana alam.

Hingga saat ini, personel Polri bersama instansi terkait lainnya terus bekerja sama dalam melakukan berbagai kegiatan sosial di lokasi terdampak bencana. Mereka tidak hanya memberikan bantuan fisik tetapi juga memastikan keamanan dan kenyamanan warga.

Ia menjelaskan terkait dengan segala hal teknis di lapangan, antara lain penambahan posko, dapur umum, dan kendaraan operasional, Polda Maluku Utara akan terus bekerja sama dengan TNI dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Ia meminta masyarakat tetap waspada dan mengikuti petunjuk dari pihak berwenang terkait dengan langkah-langkah yang harus diambil pascabencana.

Ia juga mengajak masyarakat untuk saling membantu dan menjaga ketertiban.

"Kami akan berupaya keras untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang saat ini berada di tempat pengungsian atau terdampak langsung oleh erupsi Gunung Ibu," katanya.

Selama kunjungan ini, Irjen Pol Midi juga secara langsung berdialog dengan warga setempat, mendengarkan keluhan, serta aspirasi mereka.

Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan bantuan secara simbolis kepada perwakilan masyarakat.

Ia menegaskan bahwa pihaknya akan terus memantau perkembangan di wilayah terdampak dan memastikan bantuan terus disalurkan sesuai dengan kebutuhan.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kapolda Malut salurkan bantuan ke lokasi dampak letusan Gunung Ibu

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024