Pemkab Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara (Malut) mendukung Langkah efisiensi karyawan PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) yang mengelola tambang emas Gosowong di kabupaten itu.

"Terkait permasalahan saat ini yang dihadapi, pihak Manajemen NHM  yang paling memahami kondisi ini. Hanya pihak perusahaan yang dapat memutuskan yang terbaik dan posisi pemerintah memberikan nasehat, tapi tidak perlu intervensi terlalu jauh," kata Bupati Halmahera Utara Frans Manery dihubungi di Ternate, Rabu.

 Pihaknya  memberikan keleluasaan kepada perusahaan untuk dapat mengatur dan mengelola yang terbaik dan mengharapkan keterbukaan dan komunikasi setiap permasalahan yang ada disini sehingga dapat menyampaikan ke masyarakat. 

Oleh karena itu, kata Bupati Frans, komunikasi dengan pemerintah daerah  dibutuhkan untuk keberlanjutan perusahaan. Apapun yang diputuskan NHM yang terpenting adalah perusahaan tetap hidup dan memberi manfaat bagi masyarakat. 

Hal ini disampaikan Bupati saat kunjungan Forum Koordinasi Pemerintah Daerah (Forkopimda) ke Tambang Emas Gosowong.

Dalam kesempatan itu, Bupati menyatakan, pertemuan ini bertujuan menjalin komunikasi yang utuh dan memberi  nasihat dari pemerintah sebagai penasehat bagi NHM serta membangun silaturahmi dengan para pemangku kepentingan. 

Bupati Halut Frans Manery mengapresiasi NHM yang mengundang Forum ini yang lengkap kehadiran semua anggota dari legislatif dan eksekutif. 

Sementara itu, Wakil Direktur Utama PT NHM, Amiruddin Hasyim menyatakan, selalu membutuhkan dukungan dari pemerintah sehingga dapat memberikan rasa aman dan nyaman dalam melaksanakan proses efisiensi dan pemulihan. 

"Ini dibutuhkan baik untuk operasional maupun hubungan baik dengan masyarakat. Maka dalam proses ini NHM akan menjamin keterbukaan informasi dan perkembangan dari proses efisiensi ini," ujar Amiruddin .

Sedangkan, Ketua DPRD Halut Janlis Kitong juga menyampaikan hal senada, bahwa komunikasi antara NHM dan Pemerintah Daerah sangat penting untuk bisa menjadi jembatan komunikasi ke masyarakat. Beliau juga menegaskan dukungan untuk NHM. 

"Kehadiran NHM tentu untuk keberlangsungan Halmahera Utara juga, jadi kami pastikan dukungan penuh," ujarnya.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024