Pemerintah Kota Ambon menggalakkan berbagai inovasi sebagai upaya mengendalikan inflasi agar tetap terjaga dan stabil.

Berbagai langkah pengendalian telah dilakukan oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Ambon dan satgas pangan kota Ambon, melalui sinergi dengan pemangku kepentingan terkiat di kota ini, kata Penjabat Wali kota Ambon, Dominggus Kaya.

"Apa yang telah dilakukan selama ini antara lain pengadaan dan pengoperasian kios pembanding, peningkatan kerja sama antar provinsi dan kabupaten kota di Maluku, " katanya, Rabu.

Selain itu pelaksanaan Amboina Papalele (jualan keliling), optimalisasi penerapan penggunaan timbangan dalam transaksi jual beli di pasar tradisional, pembagian ikan gratis yang tepat sasaran.

Upaya lainnya yakni melakukan pemantauan harga pasar, stok dan pelaporan, pemanfaatan lahan melalui program kalesang kintal kosong (peduli halaman kosong) untuk menanam komoditi seperti cabai dan tomat.

Baca juga: Pemkot Ambon gencarkan sosialisasi netralitas ASN di pilkada 2024

Ia menyatakan, angka inflasi kota Ambon year on year (yoy) sepanjang tahun 2024, berasa di bawah angka tiga yakni 2,72 persen di Januari, Februari di angka 2,89 persen, Maret turun 2,80 persen dan April di angka 2,82 persen.

"Kami berharap di bulan Mei 2024 akan ada di kisaran di bawah tiga persen, demikian juga perkembangan inflasi month to month, masih fluktuatif dan terkendali.

Penjabat menjelaskan, pengendalian inflasi harus tetap berada di angka yang aman, karena hal ini merupakan salah satu konsentrasi kerja pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kebijakan tersebut, turun ke level bawah hingga jajaran Pemerintah Kabupaten dan Kota, dengan tujuan pengendalian angka inflasi harus dijaga agar tidak mengalami peningkatan.

Hal tersebut akan menyebabkan harga barang naik dan berdampak pada tekanan daya beli masyarakat, dan di saat yang sama jangan sampai terlalu rendah sehingga meresahkan produsen dan pelaku usaha.

"Saya perlu memberikan apresiasi kepada TPID Kota Ambon yang terus bekerja keras menjaga inflasi, " katanya.

Baca juga: Pemkot Ambon gencarkan sosialisasi netralitas ASN di pilkada 2024

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024