Kepulauan Maluku berhasil meraih prestasi di kancah pariwisata nasional dengan berhasil masuk dalam daftar 50 besar Desa Wisata Terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024.

Kepulauan Maluku masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik dari sebanyak 6.016 peserta ADWI 2024 dengan dua desa wisatanya yakni Desa Wisata Letvuan Paradise Kabupaten Maluku Tenggara dan Desa Wisata Negeri Laha Kota Ambon.

“Kami sangat bangga dengan prestasi yang diraih oleh desa-desa wisata di Kepulauan Maluku. Ini menunjukkan bahwa potensi pariwisata Maluku sudah lebih baik,” kata Kepala Dinas Pariwisata Maluku Achmad Jais Ely, di Ambon, Rabu.

50 Desa Wisata terbaik ADWI 2024 diumumkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di akun media sosial official ADWI yaitu @anugerahdesawisataindonesia pada Minggu, 26 Mei 2024.

ADWI merupakan ajang tahunan yang bertujuan untuk mengapresiasi dan mempromosikan desa-desa wisata yang memiliki potensi luar biasa dari segi alam, budaya, dan kearifan lokal.

Jais berharap pencapaian ini dapat mendorong pengembangan pariwisata yang lebih berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal di Maluku.

Selain itu, ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara ke Kepulauan Maluku.

“Kami juga berharap pengakuan ini juga dapat menarik lebih banyak investasi dalam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah Maluku,” ujarnya.

Ia mengaku sangat menyambut baik pencapaian ini dan berkomitmen untuk terus menjaga serta mengembangkan potensi wisata desa di Kepulauan Maluku.

“Ini adalah hasil kerja keras bersama. Kami akan terus berinovasi dan meningkatkan kualitas layanan agar wisatawan yang datang mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan," katanya.

Dengan masuknya Kepulauan Maluku dalam 50 besar Desa Wisata Terbaik ADWI 2024, diharapkan dapat membuka peluang baru dan membawa dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi dan pelestarian budaya di daerah tersebut.

Baca juga: Menelusuri jejak proklamator Bung Hatta di Banda Neira Maluku

Pewarta: Winda Herman

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024