Menteri Pertahanan Prabowo Subianto membahas kerja sama pertahanan saat menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia Kevin Burnett.

“Terima kasih sekali lagi Kevin, telah datang untuk berdiskusi terkait pertahanan hari ini. Kami menantikan kelanjutan kolaborasi, dan berharap ke depan dapat memperkuat ikatan antarnegara kita,” kata Prabowo dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa.

Dalam pertemuan itu, kedua negara menegaskan kembali pentingnya hubungan dan persahabatan yang kuat, kepercayaan, dan niat baik bersama yang telah mendasari hubungan diplomatik selama lebih dari 60 tahun.

Sebelumnya, sebagian besar program kerja sama pertahanan Indonesia dengan Selandia Baru berfokus pada bidang pendidikan, khususnya Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI dan Sesko Angkatan, baik di Indonesia maupun di Selandia Baru.

Menhan lantas mengharapkan Indonesia dan Selandia Baru dapat meningkatkan kerja sama bilateral di berbagai bidang; termasuk latihan bersama, kerja sama keamanan maritim, intelijen, pemeliharaan perdamaian, dan bidang-bidang strategis lainnya.

Ia mengharapkan hal tersebut karena kerja sama pertahanan antara Indonesia dan Selandia Baru relatif berhasil sejak 1967 yang ditandai dengan pertukaran perwira melalui program pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan di Indonesia dan Selandia Baru.

“Indonesia selalu memandang Selandia Baru sebagai teman dekat dan negara mitra utama di kawasan Pasifik Selatan, khususnya di bidang pertahanan,” katanya menambahkan.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menhan bahas kerja sama pertahanan dengan Dubes Selandia Baru

Pewarta: Rio Feisal

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024