Kepolisian Wanita (Polwan) Polda Maluku dan Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease mengajak masyarakat melakukan Yasinan dalam rangka mencegah gangguan kamtibmas di kawasan Stain, Desa Batu Merah, Sirimau, Ambon.

Kegiatan ini dilakukan bersama ibu-ibu majelis taklim menyusul terjadinya pertikaian antar warga setelah insiden pembacokan terhadap MAN (51 tahun) pada Sabtu (18/5/2024) dini hari oleh orang tidak dikenal (OTK) di kawasan tersebut.

“Kegiatan yasinan ini dilaksanakan bagian dari sistem keamanan. Hal ini selaras dengan penjabaran dari program ‘Basudara Manise’ Kapolda Maluku untuk mewujudkan Maluku aman, damai dan sejahtera,” kata Wakil Direktur Bimbingan Masyarakat (Wadir Binmas) Polda Maluku AKBP. Rositah Umasugi, Ambon, Kamis.

Menyikapi perkembangan situasi kamtibmas di STAIN, Rositah berharap agar persoalan yang melibatkan orang secara pribadi tidak boleh membawa-bawa nama suku atau golongan.

"Ibu-ibu adalah seorang guru dalam mendidik anak-anak di rumah oleh karena itu, apabila ada masalah jangan ikut memanas-manasi situasi yang dapat mengakibatkan bapak-bapak dan anak-anak muda menjadi semakin emosional, Ibu-ibu harus jadi pendingin dalam situasi yang panas tersebut," ujarnya.

Rositah mengimbau kepada para ibu-ibu agar dapat menjaga anak dan keluarga sehingga tidak terlibat dalam bentrokan. Ini diminta agar tidak menjadi korban maupun pelaku tindak pidana.

"Selalu membimbing dan mengontrol anak-anak apabila malam hari, jangan sampai mereka keluar rumah hingga tengah malam," ajaknya.

Mantan Kapolres Maluku Tengah ini juga mengingatkan para ibu-ibu agar tidak mudah percaya dengan sebuah pemberitaan yang belum tentu benar atau hoaks.

“Kalau ada berita yang diterima melalui media sosial cukup sampai di ibu ibu saja tidak disebarluaskan. Apabila ada masalah kamtibmas segera melaporkan kepada bhabinkamtibmas Stain untuk dicarikan solusi bersama," katanya.

Rositah juga mengajak para ibu-ibu agar dapat membuatkan suatu komunitas yang melibatkan anak muda. Ini untuk mendukung terciptanya situasi kmtibmas yang aman dan kondusif.

"Ibu-ibu juga diharapkan dapat mengajak anak anaknya untuk memakmurkan masjid dengan melibatkan anak anak dalam pengurus remaja masjid setempat," pinta Rositah.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024