Ternate (Antara Maluku) - Gubernur Maluku Utara (Malut), Thaib Armaiyn bangga karena cucunya Ilham Udin Armaiyn menjadi penentu kemenangan Timnas Indonesia U-19 tahun, saat di babak final menundukkan Vietnam melalui drama adu pinalti.

"Saya tentunya bangga atas keberhasilan Ilham Udin Armaiyn yang menjadi penentu kemenangan Timnas Indonesia U-19 tahun, saat mencetak gol melalui drama adu pinalti," katanya menjawab pers, usai menyaksikan laga Indonesia melawan Vietnam, di Ternate, Minggu malam.

Ilham Udin Armaiyn berhasil mencetak gol penentu melalui adu pinalti dan mengantarkan Timnas Indonesia sebagai juara piala AFF U-19 tahun yang dilangsungkan di Sidoarjo.

Gubernur mengatakan, keberhasilan Ilham ini sebagai salah satu bukti bahwa Malut punya aset-aset atlit, terutama bola kaki dan selama ini kita sudah menyumbang banyak pemain ke Timnas Indonesia.

"Selain cucu saya Ilham Udin Armaiyn, sudah banyak anak-anak asal Malut yang berkiprah baik itu di nasional maupun internasional," ujar Gubernur Malut tersebut.

Ia mengatakan, apa yang ditunjukkan Ilham itu, mudah-mudahan ini juga menggugah kepada anak-anak muda di sini untuk terus meningkatkan kualitasnya, prestasinya sehingga bisa seperti dia.

Gubernur mengatakan, Ilham telah mewakili Indonesia di luar negeri, Thailand dan lainnya serta termasuk salah-satu pemain inti yang sangat diharapkan kemampuannya.

Dirinya mengakui, sebelum laga final berlangsung, Ilham menelpon saya minta ke Jakarta, kebetulan juga ada Kepala Dinas dan Kepala Badan di Pemprov Malut ke Jakarta dan memberi bonus kepada Ilham.

Ilham Udin Armaiyn merupakan satu-satunya pemain kebanggaan kelahiran Lelei yang menjadi penentu bagi Timnas Indonesia setelah mencetak satu gol ke gawang Malaysia dengan hasil akhir 1-1, sehingga membawa Indonesia ke semi final berhadapan dengan Timor Leste.

"Jadi semua di bidang olahraga. Bukan hanya di bola kaki tetapi tinju, pencak silat, tenis lapangan, semua harus kita kembangkan, karena Malut punya potensi untuk itu," kata Gubernur.

Pada babak semifinal tersebut, Ilham juga berhasil menyumbangkan satu gol bagi Timnas Indonesia yang berhasil menang 2-0 atas Timor Leste tersebut dan di babak final melawan Vietnam berhasil membawa Indonesia sebagai juara lewat adu pinalti setelah menunggu 22 tahun lamanya sejak Indonesia meraih emas di Sea Games Manila.

Kemenangan timnas U-19 tahun disambut ribuan warga kota Ternate dengan mengendarai kendaraan roda dua dan roda empat melakukan konvoi di sepanjang jalan di Kota Ternate dengan menggunakan atribut bendera merah putih dan kostum Timnas Indonesia.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2013