Sebanyak 911 petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) di Kota Ambon, Maluku  mulai melaksanakan tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data calon pemilih untuk Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

"Petugas Pantarlih di Ambon melaksanakan tahapan coklit di rumah warga mulai 24 Juni -24 Juli 2024 guna memastikan data pemilu yang valid dan mutakhir," kata Ketua KPU Kota Ambon  Kaharudin Mahmud, di Ambon, Rabu. 

Ia mengatakan, setelah melalui proses pelantikan petugas Pantarlih, dilanjutkan bimbingan teknis di tingkat desa/kelurahan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) terkait teknis pemutakhiran data pemilih, maka petugas melakukan proses coklit. 

Tahapan coklit dimulai dari rumah jabatan Penjabat Wali Kota, Dominggus N. Kaya dan keluarga di Kelurahan Karang Panjang, Kecamatan Sirimau, kota Ambon. 

"Terima kasih untuk proses Coklit perdana yang dilakukan petugas pantarlih bersama PPK Sirimau Kelurahan Batu Meja, diawasi oleh Bawaslu Kota Ambon. Semua kita lakukan semua sesuai prosedur dan diterima pak Penjabat Wali Kota dengan sangat baik," katanya. 

Pantarlih desa kelurahan katanya, memiliki tugas untuk mendata pemilih sesuai umur dan mencocokkan data dari KPU, yang nantinya akan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

"Tahapan coklit petugas akan mendatangi rumah warga, mereka dibekali dengan kartu identitas, rompi, topi hingga surat tugas," ujarnya.

Pihaknya mengimbau warga untuk memberikan keterangan yang tepat, warga perlu mempersiapkan sejumlah dokumen pada saat coklit seperti KTP dan KK. 

"Kami meminta dukungan dan kerja sama dari semua warga kota, agar menerima kedatangan Petugas guna pemutakhiran data Pemilih. 

Penjabat Wali Kota Ambon, Dominggus N Kaya menyatakan coklit menjadi tahapan penting yang dilaksanakan KPU guna pemutakhiran data pemilih sehingga pada waktunya dapat menyalurkan hak pilih. 

"Hari ini kita di datangi KPU dan Bawaslu bersama Petugas Pantarlih yang melakukan Coklit. Ini menjadi tanda dimulainya pelaksanaan Coklit di Kota Ambon," ujarnya. 

Selama pelaksanaan Coklit Pantarlih akan melakukan tugasnya turun ke rumah  masyarakat dan  berharap masyarakat kota Ambon dapat bersikap proaktif.
 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024