Kepolisian Daerah (Polda) Maluku memberikan bantuan ketahanan pangan kepada masyarakat petani di Kota Ambon menjelang peringatan HUT ke-78 Bhayangkara.

Bantuan ketahanan pangan yang diberikan kepada masyarakat kelompok petani yaitu paket bibit cabai, tomat, pare, timun dan enam rol plastik mulsa.  

"Bantuan ini kami berikan sebagai bentuk kepedulian Polri terhadap kelompok tani kecil dalam menjaga ketahanan pangan bagi masyarakat di Maluku," kata Karo SDM Polda Maluku Kombes Pol Leo Surya Nugraha Simatupang, di Ambon, Kamis.

Penyerahan bantuan berlangsung di Kampung Kamiri, Desa Hative Besar, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, yang diserahkan langsung oleh Karo SDM.

Pangan merupakan komoditas yang sangat penting dan vital bagi bangsa Indonesia, mengingat ketersediaan pangan atau makanan merupakan kebutuhan dasar bagi manusia.  

Hal ini harus dipenuhi pemerintah dan masyarakat secara bersama-sama seperti diamanatkan dalam undang-undang nomor 18 tahun 2012 tentang pangan, bahwa ketahanan pangan adalah kondisi terpenuhinya pangan bagi negara sampai dengan pada tingkat terkecil yaitu rumah tangga atau perseorangan.

Pangan harus tersedia cukup, baik dari segi jumlah dan mutu, aman, beragam bergizi dan merata serta terjangkau dan tidak bertentangan dengan agama, keyakinan dan budaya masyarakat untuk dapat mewujudkan hidup yang sehat, aktif dan produktif secara berkelanjutan.

"Ketahanan pangan menjadi tanggung jawab semua pihak, termasuk Polri," ujarnya.

Sesuai tema HUT ke-78 Bhayangkara 2024 yaitu “Presisi menuju Indonesia emas, transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan”, maka melalui kegiatan ini Polda Maluku turut serta dan berperan aktif dalam ketahanan pangan.

"Sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, Polda Maluku melalui satgas pangan Polri juga berperan aktif dalam melakukan pengawasan dan monitoring ketersediaan pangan di seluruh Provinsi Maluku," terangnya.

Hal ini dilakukan guna menjaga stabilitas harga dan memastikan kebutuhan pangan masyarakat terpenuhi serta untuk meningkatkan kesejahteraan para petani dan kelompok tani.

"Apa yang Polda Maluku berikan pada hari ini mungkin tidak dapat memenuhi seluruh kebutuhan para kelompok tani, tetapi sedikit bantuan yang kami berikan ini agar dapat diterima sebagai bentuk keikutsertaan kami dalam ketahanan pangan," ucap Leo.

 

Pewarta: Winda Herman

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024