Komando daerah militer (Kodam) XV Pattimura memastikan kesiapsiagaan prajurit di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) dengan menjaga dan meningkatkan kemampuan.

“Para prajurit harus selalu siap untuk digerakkan, kesatuan ini harus menjaga kemampuannya dan itu wajib dipelihara secara terus menerus,” kata Pangdam XV Pattimura Mayjen TNI Sayfrial dalam keterangan tertulis yang diterima di Ambon, Kamis.

Hal itu dikatakannya saat melakukan kunjungan ke Kabupaten Kepulauan Tanimbar didampingi Ketua Persit KCK PD XV/Pattimura Shinta Syafrial, Danrem 151/Binaiya dan beberapa pejabat utama Kodam XV/Pattimura.

Pangdam menyampaikan beberapa hal mulai dari bidang perencanaan, intelijen, operasi, personel, teritorial dan logistik.

Pasalnya sebagai pertahanan TNI bertugas melaksanakan kebijakan pertahanan negara untuk menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah, dan melindungi keselamatan bangsa, menjalankan operasi militer untuk perang dan operasi militer selain perang, serta ikut secara aktif dalam tugas pemeliharaan perdamaian.

Pangdam juga menekankan untuk selalu berbuat baik dengan rakyat, menjaga sinergisitas dengan rekan Kepolisian, pemerintah daerah, dan seluruh komponen masyarakat.

“Saya minta agar prajurit juga menghindari pelanggaran sekecil apapun yang dapat merusak citra satuan, merugikan diri sendiri dan keluarga,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama Pangdam juga mengingatkan, untuk menghindari judi daring, pinjaman daring dan mewaspadai terhadap penyebaran paham intoleransi, radikalisme dan terorisme yang dapat menyasar aparat pemerintah maupun keluarganya dan dapat mempengaruhi pandangan terhadap Empat Pilar Kebangsaan yaitu, Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Saya juga menekankan kepada prajurit Kodim 1507/Saumlaki, Prajurit Yonif 734/SNS, Prajurit Subdenpom Saumlaki dan Persit, terkait Pilkada serentak tahun 2024 mendatang, yang mana, prajurit harus netral sedangkan untuk Persit dan PNS dipersilahkan untuk memilih namun jangan mempengaruhi orang lain,” ucapnya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024