Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Buru Selatan (Bursel) menanam 600 anakan pohon di sepanjang jalan pada tiga desa di Namrole.

Sebanyak 600 anakan bibit tersebut dengan rincian, sebanyak 400 anakan pohon tabebuya, sebanyak 100 anakan pohon cengkih dan sebanyak 100 anakan pohon pala.

“Penanaman ini dilakukan dalam rangka hari ulang tahun (HUT) ke 78, dan sebagai komitmen Polres Bursel dalam mendukung upaya pelestarian lingkungan hidup,” kata Kapolres Bursel AKBP M. Agung Gumilar, Ambon, Kamis.

Ia mengatakan kegiatan ini juga melibatkan partisipasi dari masyarakat sekitar serta instansi terkait lainnya. “Kami mengajak seluruh elemen masyarakat dan pihak terkait untuk bersama-sama turut serta dalam menjaga kelestarian lingkungan," ujarnya.

Penanaman pohon sendiri dilakukan dengan memperhatikan jenis dan lokasi yang tepat guna untuk mengoptimalkan manfaat ekologisnya.

“Kami berharap dengan penanaman 600 pohon ini dapat memberikan kontribusi positif dalam menjaga keberlanjutan lingkungan di sekitar jalan Namrole," kata dia menambahkan.

Polres Bursel berharap bahwa inisiatif ini tidak hanya berdampak positif secara langsung bagi lingkungan sekitar, tetapi juga menjadi inspirasi bagi upaya-upaya serupa di daerah lain.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan bahwa kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan dapat semakin ditingkatkan di masyarakat.

Aksi nyata seperti ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi pihak-pihak lain untuk ikut serta dalam upaya melestarikan alam demi masa depan yang lebih baik.*

Pewarta: Winda Herman

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024