Jamaah haji mulai berdatangan ke Kota Ternate, Maluku Utara usai menjalankan seluruh rangkaian ibadah di Tanah Suci yang diawali Kelompok Terbang (Kloter) 11  dengan penerbangan pertama yang membawa 157 peserta haji asal provinsi tersebut.

Kepala Tata Usaha Kementerian Agama (kemenag) Maluku Utara Ridwan Kharie di Ternate, Rabu, mengatakan jamaah haji tiba di Ternate berasal dari Kloter 11 yang membawa 39 peserta haji dari Kabupaten Pulau Taliabu dan 118 peserta haji dari Kota Tidore Kepulauan (Tikep).

"Kepada jamaah haji yang baru tiba, saya mengharapkan selama melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci Makkah dan Madinah, hendaknya menjadi pengalaman dan bahan renungan dalam kehidupan kita sehari-hari, serta menjadi teladan di lingkungan keluarga dan masyarakat," ujarnya.

Kedatangan jamaah haji ke Ternate diterima Pelaksana Harian (Plh) Sekprov Maluku Utara Kadri La Etje di Asrama haji transit Kota Ternate, Selasa (2/7) kemarin.

Baca juga: PPIH Debarkasi UPG sambut kedatangan jamaah haji asal Malut

Sesuai jadwal kedatangan jamaah haji mulai Selasa 2 Juli 2024 flight I dari Kabupaten Taliabu 39 orang, Kota Tikep 118 orang. Kemudian pada penerbangan kedua membawa jamaah haji dari Kabupaten Halmahera Barat 76 orang dan Kabupaten Kepulauan Sula 72 orang, serta penerbangan ketiga membawa jamaah haji asal Kabupaten Kepulauan Sula 41 orang, Kabupaten Halmahera Utara  95 orang, sehingga total dengan 441 peserta haji. 

Sedangkan pada Kamis 4 Juli 2024 dijadwalkan Flight I membawa jamaah haji asal Kabupaten Halmahera Selatan 151 orang,  Flight II dengan  39 orang asal Kabupaten Halmahera Selatan, 4 orang Kabupaten Halmahera Utara,  47 orang Kabupaten Morotai, dan 58 orang dari Kota Ternate. 

Untuk Flight III jamaah haji dari Kabupaten Halmahera Utara dan Halmahera Timur sebanyak 299 orang. Untuk Sabtu 6 Juli 2024 Flight I Kota Ternate 107 orang haji, Flight II Kota Ternate 98 orang haji, sehingga total secara keseluruhan sebanyak 945 orang. 

Ia mengapresiasi kerja-kerja petugas haji kabupaten/kota dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), yang telah melaksanakan rangkaian kegiatan mulai dari pendaftaran, pemberangkatan ,dan pemulangan jamaah haji dengan aman dan lancar.

Untuk diketahui, penyerahan dokumen jamaah haji Kloter 11 dilakukan oleh Ketua Kloter Syaiful Djafar Arfa ke Pemprov Maluku Utara  yang diwakili oleh Plh Sekprov Kadri La Etje.


Baca juga: Pemprov sambut kepulangan jamaah haji Malut di Ternate

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024