Ambon (Antara Maluku) - Panglima Kodam XVI/Pattimura Mayor Jenderal TNI Eko Wiratmoko menyatakan situasi keamanan di Maluku dan Maluku Utara secara umum kondusif.

"Kami pun terus berupaya agar kondisi yang aman dan damai ini tetap terjaga sehingga seluruh komponen masyarakatnya dapat melaksanakan tugas dan aktivitasnya dengan baik, aman dan lancar," kata Pangdam, di Ambon, Selasa.

Pangdam Eko mengatakan hal itu pada saat acara serah terima jabatan lima orang Perwira Kodam XVI/Pattimura, yakni Inspektur Kodam XVI/Pattimura dari Kolonel Inf Heru Suryono kepada Kolonel Inf Asep Kurnaedi.

Danrem 151/Binaiya dari Kolonel Inf Asep Kurnaedi kepada Kolonel Inf Wanti WF Mamahit, Danrem 152/Babullah dari Kolonel Inf Kosasih Azis kepada Kolonel Kav Agus Suhardi.

Asisten Operasi Kasdam XVI/Pattimura dari Kolonel Inf Wanti WF Mamahit kepada Kolonel Inf Gabriel Lema, Asisten ter Kasdam XVI/Pattimura dari Kolonel Inf Gabriel Lema kepada Letnan Kolonel Kav Harfuddin Daeng.

Dari lima orang perwira tersebut dua orang diantaranya pindah dari Kodam XVI/Pattimura, yakni Kolonel Inf Heru Suryono dengan mendapat tempat tugas dan jabatan yang baru sebagai Sekretaris Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad).

Begitu juga Kolonel Inf Kosasih Azis mendapat tempat tugas dan jabatan baru sebagai Inspektur Program dan Anggaran (Irrenprogar) Inspektorat Jenderal Angkatan Darat (Itjenad).

Menurut Pangdam, mutasi jabatan di lingkungan TNI AD merupakan hal yang lazim untuk kepentingan pembinaan satuan dan sekaligus pembinaan karier.

"Bagi seorang prajurit, tugas adalah kehormatan, kebanggaan dan kepercayaan, sekaligus harga diri yang harus dijadikan prioritas untuk mencapai kesuksesan dan selalu berorientasi ke keberhasilan pelaksanaan tugas pokok," katanya.

Pangdam juga mengingatkan kepada prajurit Kodam XVI/Pattimura agar tetap waspada dan terus meningkatkan kesiapsiagaan sehingga bila terjadi perubahan situasi dapat segera diantisipasi dan ditanggulangi.

"Kita tidak boleh lengah dan terlena karena potensi konflik maupun kerawanan sosial masih sering terjadi," ujarnya.

Karena itu harus dieliminasi sedini mungkin dengan melakukan langkah yang konkret dan proporsional sehingga terwujud stabilitas keamanan yang mantap.

Pewarta: Finus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2013