Ahli waris pedagang di Pasar Wosia, Tobelo Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara menerima santunan program Jaminan Kematian dari BPJS Ketenagakerjaan sebesar Rp42 juta. Santunan tersebut diserahkan oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Halmahera Utara, Nyoter Koenoe pada Kamis (01/08) di Pasar Wosia.
 
Kadis Nyoter Koenoe mengatakan kegiatan ini bertujuan  memberikan pemahaman dan sebagai pembuktian kepada masyarakat tentang manfaat program BPJS Ketenagakerjaan.
 
“Kami Pemerintah Daerah khususnya Dinas Perdagangan, tetap berupaya agar seluruh pedagang di Halmahera Utara, terutama di spot pasar, bisa masuk ke dalam BPJS Ketenagakerjaan,”terang Kadis.
 
Kadis menyampaikan pihaknya senantiasa bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk membantu upaya tersebut dilaksanakan khususnya di sektor perdagangan. 
 
“Langkah taktis yang diambil, kami punya 23 pasar dan sebenarnya yang aktif 10 pasar, kami berupaya  datangi semua itu bersama asosiasi di pasar untuk bagaimana bisa mencover semua yang ada d pasar, itu target kita. Terutama upaya bagaimana itu dilaksanakan tentu butuh kerjasama dengan semua pihak” ungkapnya

Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Halmahera Utara Zippora Lilian Wallyd menyampaikan turut berduka kepada ahli waris dan keluarga. Santunan ini merupakan program jaminan kematian yang diberikan kepada ahli waris pekerja peserta BPJS Ketenagakerjaan.
 
“Almarhum merupakan pedagang yang mendaftarkan diri secara mandiri pada program BPJS Ketenagakerjaan melalui Agen Perisai sejak Maret 2023,”jelas Zippora.
 
Zippora mengajak kepada seluruh masyarakat dengan berbagai macam pekerjaannya agar memastikan diri sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Pendaftaran bisa dilakukan secara mandiri melalui Agen PERISAI, aplikasi JMO di handphone, ataupun langsung datang ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan atau unit layanan terdekat.
 
“Dengan Iuran mulai Rp16.800/bulan, para pekerja mendapatkan perlindungan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian dari BPJS Ketenagakerjaan”
Di kesempatan yang sama, Ahli waris penerima santunan Hasna Kilinaw mengucapkan terima kasih atas santunan yang telah diberikan.
 
“Mewakili keluarga almarhum Hasrun Lidji, mengucapkan terima kasih atas bantuan yg diberikan, dan kami berharap semua pedagang d Pasar Wosia mari kita sama-sama ikut serta dalam BPJS Ketenagakerjaan dan sekali lagi dari keluarga mengucapkan terima kasih”kata  Ahli Waris

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024