Ambon (Antara Maluku) - Hasil perhitungan cepat Konsultan Citra Indonesia (KCI) menempatkan pasangan Said Assagaff-Zeth Sahuburua (SETIA) menang pada putaran kedua Pilkada Maluku yang berlangsung Sabtu.

"Pasangan SETIA menang tipis dalam putaran kedua dengan memperoleh dukungan suara 51,05 persen," kata Direktur KCI Barka Patimahu, di Ambon Sabtu malam.

Sedangkan pasangan Abdullah Vanath - Marthin Jonas Maspaitela pada putaran kedua memperoleh 48,95 persen suara.

Perhitungan cepat yang dilakukan KCI bergandengan dengan Lingkaran Survey Indonesia (LSI) dengan menggunakan sampel dari 270 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 11 kabupaten/kota di Maluku.

TPS yang dipilih sebagai sampel tersebar secara proporsional berdasarkan jumlah pemilih dan dipilih secara acak.

Barka mengakui hingga hasil perhitungan cepat tersebut dipublikasi data yang telah masuk dari 270 TPS sampel yakni sebanyak 94,07 persen.

"Masih tersisa 5,93 persen data sampel yang belum masuk dan beberapa kabupaten, dikarenakan faktor komunikasi yang sulit. Jika data dari semua sampel rampung hasil perolehan suara untuk untuk pasangan SETIA maupun DAMAI tidak akan berubah signifikan," katanya.

Berdasarkan hasil perhitungan cepat KCI pasangan Said-Zeth menang pada tujuh dari 11 kabupaten/kota di Maluku yakni Ambon dengan perolehan 63,56 persen, Pulau Buru (69,36 persen), Buru Selatan (69,97 persen) dan Maluku Barat Daya (MBD) dengan 61,10 persen.

Pasangan SETIA juga menang di Kabupaten Maluku Tenggara dengan 60,42 persen, Maluku Tenggara Barat (MTB) 54,18 persen serta Kota Tual 62,46 persen suara.

Sedangkan pasangan Abdullah Vanath-Marthin Maspaitella unggul pada tiga kabupaten di Pulau Seram yang memiliki jumlah pemilih terbesar di Maluku serta Kepulauan Aru.

Maluku Tengah (Malteng) yang merupakan wilayah dengan jumlah pemilih terbanyak di Maluku yakni 297.437 orang, pasangan DAMAI meraih 54,12 persen suara, Seram Bagian Barat (SBB) 57,83 persen suara, Seram Bagian Timur (SBT) 78,35 persen serta Kepulauan Aru 56,52 persen suara.

KCI pada awal Desember juga melakukan survei ulang terhadap kedua pasangan calon Gubernur maupun Wakil Gubernur, di mana hasilnya pasangan Said-Zeth memiliki nilai lebih tinggi dibanding pasangan Abdullah-Marthin.

Calon Gubernur Said Assagaff memiliki tingkat pengenalan 93,9 persen (kesukaan) dan 70,1 persen untuk tingkat kesukaan, sedangkan wakilnya Zeth Sahuburua 77,5 persen untuk pengenalan dan 66,3 persen tingkat kesukaan.

Calon Gubernur Abdullah Vanath memiliki tingkat pengenalan 90,5 persen dan tingkat kesukaan 63,3 persen, sedangkan wakilnya Marhin Maspaitella memiliki tingkat pengenalan 90,5 persen dan 63,3 persen untuk tingkat kesukaan.

Pewarta: James F. Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2013