Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara (Pemkab Malra) dibawah kepemimpinan Penjabat Bupati Jasmono  kembali meraih prestasi berupa penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Awards 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatiks Malra, Antonius Walken Raharusun melalui siaran pers yang  yang diterima Antara di Ambon menjelaskan,  UHC Awards merupakan   apresiasi atas komitmen pemerintah daerah memberikan perlindungan dan jaminan kesehatan bagi masyarakat. 

Adapun syarat untuk mendapatkan penghargaan ini, daerah harus mampu mencapai cakupan kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) minimal 95 persen dari jumlah penduduk. 

Pemberian penghargaan yang dihadiri oleh Wakil Presiden RI tersebut, diterima langsung oleh Pj Bupati Maluku Tenggara, Jasmono.

"Kita bersyukur Maluku Tenggara pada tahun ini berhasil meraih penghargaan UHC Awards  2024. Ini adalah wujud komitmen  bersama untuk memberikan perlindungan dan jaminan kesehatan bagi masyarakat di daerah ini, terutama untuk memberikan akses pelayanan kesehatan melalui JKN-KIS," kata Jasmono.

Dijelaskan, untuk capaian UHC, cakupan kepesertaan Maluku Tenggara per  1 Agustus 2024 berada di angka 128.374 jiwa atau 99,32 persen  dari total jumlah penduduk Maluku Tenggara 129.257 jiwa. Angka ini meningkat cukup signifikan dibandingkan periode sebelumnya.

"Capaian UHC akan terus kita tingkatkan ke depan, sehingga bisa mencapai angka 100 persen. Kita ingin meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan seluruh masyarakat Maluku Tenggara bisa mendapatkan pelayanan kesehatan secara layak,"kata Jasmono.

Penghargaan ini harus menjadi motivasi bagi kita semua untuk terus bekerja keras, bekerja cerdas, bekerja ikhlas dan bekerja tuntas bagi daerah dan masyarakat Maluku Tenggara.

Dikatakan, selain memberikan perlindungan dan jaminan terhadap akses pelayanan kesehatan melalui JKN-KIS, berbagai terobosan dan inovasi di bidang kesehatan terus ditingkatkan.

Seperti Pelayanan Kesehatan bergerak, Rumah Singgah Hanarun, Jeco Pabasting, Rumah Tunggu Bersalin dan terobosan lainnya harus terus dikawal pelaksanaannya agar dapat memberikan manfaat sebesar besarnya bagi masyarakat di daerah ini.

"Atas nana pribadi dan pemerintah Daerah Malra, Saya ucapkan terima kasih kepada DPRD Malra yang telah memberikan dukungan penuh terhadap capaian UHC.  Pj. Sekda, kepada BPJS Kesehatan Maluku Tenggara, Kepala Dinas Kesehatan dan jajaran serta OPD terkait lainnya atas pencapaian penghargaan ini," ujar  Jasmono. (DS).

Pewarta: Relis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024