Ambon (Antara Maluku) - Perum Bulog Maluku mendukung program pasar murah menjelang Hari Raya Natal dari tanggal 17 - 20 Desember 2013, yang digelar pemerintah daerah setempat.

"Bulog Maluku ikut menjual beras dengan harga Rp7.250/kg, sama dengan harga yang diterapkan saat pelaksanaan operasi pasar murah yang dilakukan Bulog Maluku di Pasar Mardika maupun Pasar Batu Merah," kata Kabid Penyaluran Divre Perum Bulog Maluku Latif Malawat di Ambon, Senin.

Dia mengatakan penetapan harga ini juga sama dengan yang dipatok pada pelaksanaan pasar murah yang dilakukan Pemerintah Kota Ambon dari tanggal 10 - 13 Desember.

Mengenai jumlah beras yang disiapkan guna mendukung pasar murah cukup banyak, katanya, karena beras yang terjual pada pasar murah yang dilaksanakan Pemkot Ambon mencapai lima ton.

"Jadi kami siapkan cukup banyak, apalagi pelaksanaan kali ini bukan saja di kawasan Batu gajah, Kecamatan Sirimau, dengan mendirikan sejumlah tenda besar juga dilakukan secara mobile ke sejumlah desa dan negeri pada tiga kecamatan," ujarnya.

Yang jelas, lanjutnya, beras yang disiapkan tidak terbatas, berapa saja yang akan dibeli masyarakat akan dilayani sebab stok beras Bulog Maluku sekarang ini cukup banyak, bahkan bisa mengisi permintaan pasar hingga Maret 2014.

Sedangkan barang kebutuhan lain akan disiapkan Pemprov Maluku dengan melakukan kerja sama dengan para distributor yang ada di daerah ini seperti gula pasir, minyak goreng, tepung terigu, telur, susu kental manis, mentega, mie instan dan lainnya yang selalu dijual pada saat kegiatan pasar murah.

Pantauan Antara di Pasar Mardika dan Batu merah, Senin, para pedagang menjual beras operasi pasar Bulog Maluku Rp7.250/kg, sedangkan beras antarpulau jenis Tawon dan Bulir Mas Rp11.000/kg, sedangkan beras tanpa merek Rp10.000/kg.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2013