Ambon (Antara Maluku) - Pasangan Gubernur - Wakil Gubernur Maluku Said Assagaff - Zeth Sahuburua (SETIA) melakukan pawai kemenangan dengan mengelilingi pusat Kota Ambon, ibu kota Provinsi Maluku, Sabtu petang.

Pasangan SETIA yang baru tiba dari Jakarta menggunakan penerbangan komersial, Sabtu, langsung melakukan kawai menggunakan kendaraan bak terbuka mulai dari Desa Laha menuju pusat Kota Ambon.

Keduanya yang didampingi sejumlah petinggi partai politik pengusung disambut meriah warga yang sedang melakukan aktivitas di berbagai kawasan yang dilewati.

Pawai mengelilingi pusat Kota Ambon diiringi tabuhan alat musik tradisional Totobuang dan Hadrat berdampak kemacetan arus lalu lintas di sejumlah kawasan yang dilalui.

Said dan Seth bersama sejumlah pimpinan parpol pengusung memberikan senyum sumringah serta melambaikan tangan kepada warga yang bergerombol di pingiir ruas jalan yang dilewati.

Saat tiba di kawasan Tanah Lapang Kecil (Talake), keduanya terpaksa turun dari kendaraan bak terbuka setelah dipaksa warga yang telah menanti kehadiran keduanya untuk berjalan kaki bersama-sama warga.

Warga terlihat berebutan untuk menyalami keduanya, bahkan kebanyakan warga saling berebutan untuk foto bersama dengan kedua calon pemimpin Maluku tersebut.

Sambil berjabat tangan dengan warga, baik Said maupun Seth menyampaikan terima kasih atas dukungan seluruh masyarakat yang telah mempercayakan keduanya sebagai pemimpin Maluku lima tahun mendatang.

"Kemenangan kami adalah kemenangan seluruh masyarakat Maluku. Terima kasih atas partisipasi dan dukungan yang sudah diberikan masyarakat kepada kami," ujar keduanya.

Keduanya juga mengimbau masyarakat untuk menjunjung tinggi tali persaudaraan dan kekeluargaan antarmasyarakat dengan menjaga kondisi keamanan yang semakin kondusif dan aman, paskapilkada Maluku 11 Juli 2013 lalu.

Pasangan Said-Seth juga berjanji menyatukan semua pihak, baik pro maupun kontra saat Pilkada untuk bersama-sama membangun Maluku ke arah lebih baik dan sejahtera.

Pasangan SETIA dinyatakan menang setelah majelis hakim Mahkamah Konstitusi (MK) melalui sidang dipimpin Ketuanya, Hamdan Zoelva, di Jakarta, Rabu (29/1), menolak gugatan pasangan Abdullah Vanath - Marthen Jonas Maspaitella (DAMAI).

Keputusan Majelis Hakim MK tersebut sekaligus mengukuhkan kemenangan pasangan "SETIA" dalam pemilihan Gubernur dan Wagub Maluku putaran kedua yang berlangsung 14 Desember 2013.

MK menilai, pemohon pasangan DAMAI tidak dapat membuktikan telah terjadi kecurangan terstruktur yang dilakukan oleh tim sukses "SETIA".

KPU Maluku juga telah menindaklanjuti keputusan MK tersebut dengan segera memproses Gubernur - Wagub setempat ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Maluku.

"Kami jadwalkan 3 Februari menyampaikan berkas hasil Pilkada Maluku yang telah memiliki keputusan hukum tetap melalui persidangan di MK ke DPRD untuk memproses pelantikan Gubernur - Wagub," kata Ketua KPU Idrus Tatuhey.

Berkas tersebut sesuai ketentuan perundang - undangan selanjutnya disampaikan ke Mendagri, Gamawan Fauzi melalui Penjabat Gubernur Maluku Saut Situmorang, guna diteruskan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menerbitkan surat keputusan (SK).

"Jadi jadwal pelantikan Said Assagaff - Zeth Sahuburua (SETIA) yang ditetapkan memenangkan Pilkada Maluku putaran kedua pada 28 Desember 2013, tergantung SK Presiden," ujar Idrus.

Pewarta: James F. Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014