Bank Indonesia perwakilan Maluku menggelar kegiatan Maluku Manggurebe sebagai upaya mempercepat digitalisasi  UMKM, pengembangan keuangan digital,  Gerakan Bangga Buatan Indonesia hingga bangga berwisata di Indonesia.

"Maluku Manggurebe 2024 berlangsung selama tiga hari pada 5-7 September 2024  menghadirkan berbagai kegiatan untuk  penguatan  kapasitas, pengetahuan,  pengenalan produk lokal yang  inovasif  hingga pameran UMKM dipusatkan di Lapangan Merdeka Ambon,"  kata Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destri Damayanti di Ambon, Jumat.

Menurut dia kegiatan Maluku Manggurebe memiliki makna  bersama-sama merebut sesuatu dan yang direbut adalah agar Maluku maju kedepan.

Pada pelaksanaan Maluku Manggurebe keempat ini mengambil tema Sinergi Memperkuat Ekonomi dan Keuangan Digital Serta Inklusif Untuk Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan mulai dari lomba nyanyi, flash mob, fesyen show hingga talkshow bersama konten kreator.

Selain itu juga ada  temu responden dengan tema  digitalisasi dalam mendorong transformasi bisnis.

"Ini merupakan upaya  BI mengakomodasi pelaku  UMKM dalam  mendigitalisasi  mereka," kata dia

Kemudian lomba masak menghadirkan jebolan Master Chef Indonesia Lord Adi dengan menu olahan lokal yakni ikan.

Lalu ada bedah buku hingga pameran hasil produksi dari 35 UMKM.

Sementara Pj Gubernur Maluku Sadali Ie mengatakan kegiatan ini merupakan upaya  mempromosikan kearifan lokal,  pariwisata dan UMKM unggulan Maluku sekaligus meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pelaku usaha, mendukung gerakan nasional bangga buatan Indonesia dan gerakan bangga berwisata di Indonesia.

Ia mengemukakan Maluku memiliki  potensi kekayaan sumber daya alam yang menjadi modal  mendorong pertumbuhan ekonomi  berkelanjutan.

Dia mengatakan dalam memajukan ekonomi kreatif dan pariwisata  perlu mengedepankan peran UMKM dan memperkuat penggunaan produk lokal agar ekonomi daerah berkembang.

Ia menekankan perlu ada  inovasi untuk kemajuan  bersama sesuai dengan makna  manggurebe yaitu bergerak maju guna mencapai tujuan bersama.

Pemerintah Maluku  bersama Bank Indonesia  perwakilan Provinsi Maluku dan  pemangku kepentingan lainnya akan terus berupaya mendorong upaya penguatan ekonomi lokal.


 

Pewarta: John Soplanit

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024