Bank Indonesia perwakilan Maluku menggelar kegiatan Maluku Manggurebe sebagai upaya mempercepat digitalisasi UMKM, pengembangan keuangan digital, Gerakan Bangga Buatan Indonesia hingga bangga berwisata di Indonesia.


"Maluku Manggurebe 2024 berlangsung selama tiga hari pada 5-7 September 2024 menghadirkan berbagai kegiatan untuk penguatan kapasitas, pengetahuan, pengenalan produk lokal yang inovasif hingga pameran UMKM dipusatkan di Lapangan Merdeka Ambon," kata Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destri Damayanti di Ambon, Jumat.

Menurut dia, kegiatan Maluku Manggurebe memiliki makna bersama-sama merebut sesuatu dan yang direbut adalah agar Maluku maju ke depan.

Pada pelaksanaan Maluku Manggurebe keempat ini mengambil tema Sinergi Memperkuat Ekonomi dan Keuangan Digital Serta Inklusif Untuk Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan mulai dari lomba nyanyi, flash mob, fesyen show hingga talkshow bersama konten kreator.

Selain itu juga ada temu responden dengan tema digitalisasi dalam mendorong transformasi bisnis.

"Ini merupakan upaya BI mengakomodasi pelaku UMKM dalam mendigitalisasi mereka," kata dia

Kemudian lomba masak menghadirkan jebolan Master Chef Indonesia Lord Adi dengan menu olahan lokal yakni ikan.

Lalu ada bedah buku hingga pameran hasil produksi dari 35 UMKM.

Sementara Pj Gubernur Maluku Sadali Ie mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya mempromosikan kearifan lokal, pariwisata dan UMKM unggulan Maluku sekaligus meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pelaku usaha, mendukung gerakan nasional bangga buatan Indonesia dan gerakan bangga berwisata di Indonesia.

Ia mengemukakan, Maluku memiliki potensi kekayaan sumber daya alam yang menjadi modal mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

Dia mengatakan dalam memajukan ekonomi kreatif dan pariwisata perlu mengedepankan peran UMKM dan memperkuat penggunaan produk lokal agar ekonomi daerah berkembang.

Ia menekankan perlu ada inovasi untuk kemajuan bersama sesuai dengan makna manggurebe yaitu bergerak maju guna mencapai tujuan bersama.

Pemerintah Maluku bersama Bank Indonesia perwakilan Provinsi Maluku dan pemangku kepentingan lainnya akan terus berupaya mendorong upaya penguatan ekonomi lokal.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024