Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tengah melakukan upaya untuk meningkatkan pendidikan melalui komunitas belajar yang didirikan di Kecamatan Amahai.

"Pembentukan komunitas belajar seperti ini sangat penting dalam upaya kita memajukan pendidikan, khususnya di Kecamatan Amahai dan Kabupaten Maluku Tengah secara umum,” ucap Pj Bupati Maluku Tengah Rakib Sahubawa dalam keterangan tertulis yang diterima di Ambon, Senin.   

Ia menjelaskan bahwa komunitas itu bertujuan untuk mengoptimalkan mutu belajar, berbudi, aktif, kritis, relevan dan inovatif dan dapat diikuti seluruh siswa lingkup Kecamatan Amahai.

"Tentu diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan siswa serta upaya kemajuan pendidikan di kecamatan Amahai dapat tercapai sesuai tujuan yang diinginkan bersama," katanya

Apalagi kata dia komunitas belajar ini mencerminkan tekad dan semangat untuk menjadikan generasi Maluku Tengah yang tidak hanya cerdas dalam ilmu, tetapi juga berkarakter, aktif, kritis, relevan dan inovatif dalam menghadapi tantangan zaman.

Ia melanjutkan melalui kegiatan ini pendidikan bagi siswa lebih dimaknai sebagai upaya membentuk karakter diri menjadi individu yang berbudaya, berbudi pekerti luhur, serta memiliki kemampuan berpikir kritis dan kreatif.

“Sehingga ini akan menjadi kunci penting dalam membangun generasi yang tangguh dan siap bersaing di era global,” ujar Sahubawa.

Sahubawa percaya bahwa para penggerak komunitas belajar dapat berperan sesuai bidang keilmuan masing-masing agar dapat memberikan pembelajaran maksimal pada siswa.

"Hal ini sangat penting dan strategis dalam menggerakkan perubahan dan berinovasi di dunia pendidikan. Olehnya karena itu saya percaya dengan kepemimpinan dan komitmen para penggerak, mutu pendidikan di Kecamatan Amahai akan terus meningkat,” ucap Sahubawa.

Ia juga berharap para pendidik dapat menjalankan tugas dengan penuh dedikasi, tanggungjawab dan semangat untuk memberikan yang terbaik bagi generasi penerus bangsa.

"Sebagai pemerintah daerah, kami akan terus mendukung program-program yang berorientasi pada peningkatan kualitas pendidikan,” ujar Sahubawa. antara pemerintah, komunitas belajar, guru dan masyarakat sangat diperlukan untuk mencapai tujuan bersama ini,” katanya. 


 

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024