Ambon (Antara Maluku) - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dan Vlissingen, Belanda, akan menggelar operasi bedah plastik untuk penderita bibir sumbing dan bekas luka bakar pada 17-26 Februari 2014.

"Kami akan melakukan operasi bedah plastik maupun bibir sumbing bagi anak-anak dan dewasa di RSUD dr Haulussy Ambon pada 17-26 Februari 2014," kata Sekretaris Kota Ambon Anthony Latuheru, Senin.

Menurut dia, operasi bedah plastik melibatkan tiga dokter ahli dari Belanda didukung perawat dari RSUD Haulussy.

"Tim medis terdiri atas dua dokter ahli bedah plastik, anestesi serta tenaga medis untuk membantu pelaksanaan operasi," katanya.

Anthony mengatakan, operasi ini ditujukan bagi masyarakat miskin di Kota Ambon dan sekitarnya.

"Operasi gratis ini ditujukan bagi masyarakat yang tidak mampu, mulai Selasa (11/2) kami akan membuka pendaftaran bagi masyarakat dan mengdaftar di Dinas Kesehatan Kota Ambon atau Puskesmas," katanya.

Ia mengatakan tenaga media dari Vlisiingen menargetkan sebanyak 100 pasien akan menjalani operasi.

"Target pasien yang akan mengikuti operasi sebanyak 100 orang. Jadwal operasi mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIT dan tergantung tindakan operasi yang akan dilakukan," ujarnya.

Dijelaskannya, persiapan pelaksanaan tim pendahulu telah di tiba di Ambon untuk menyiapkan segala kebutuhan dan kelengkapan peralatan operasi.

"Tim pendahulu telah tiba membawa peralatan operasi dan obat-obatan. Tim juga akan berkoordinasi dengan pihak RSUD untuk persiapan ruangan dan fasilitas pendukung," ujarnya.

Kegiatan ini, katanya, merupakan bagian dari program Pemkot Ambon dan Vlissingen yang akan melanjutkan hubungan kerja sama kota kembar (sister city) dalam berbagai sektor pada Maret 2014.

"Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy akan melanjutkan hubungan kerja sama yang selama ini telah terjalin sejak 2006 terutama untuk penanganan sampah dan kebersihan, lingkungan, kesehatan dan pendidikan," katanya.

Anthony menambahkan, wali kota juga telah menyampaikan surat ke Kementerian Kesehatan terkait pelaksanaan operasi ini.

""Kami berharap warga Kota Ambon dan sekitarnya dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan mendaftar ke Puskesmas terdekat di masing-masing desa atau kelurahan," ujarnya.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014