Ambon (Antara Maluku) - PT Telkomsel cabang Ambon meningkatkan kapasitas jaringan melalui penambahan 120 "Base Transceiver Station" (BTS) di 60 lokasi di Provinsi Maluku pada 2014.

"Penambahan 120 BTS baru di Maluku merupakan upaya meningkatkan kapasitas jaringan dan optimalisasi pelanggan," kata General Manager Telkomsel Ambon Royke Sumual, Sabtu.

Menurut dia, penambahan 120 BTS tersebut akan mencakup kabupaten dan kota yang selama ini belum terjangkau dengan baik oleh layanan Telkomsel yakni sejumlah kecamatan dan desa di Maluku Barat Daya (MBD), Maluku Tenggara Barat (MTB), Kepulauan Aru, Buru Selatan dan Kota Tual.

Sebanyak 120 BTS baru terdiri dari 55 BTS 3G dan 65 BTS 2G di 60 titik di 11 kabupaten dan kota di Maluku.

"Sebagian kecamatan belum terjangkau layanan Telkomsel karena terkendala lokasi yang berada di antara gunung dan laut, tetapi kami berupaya di tahun 2014 akan terjangkau layanan," katanya.

Royke mengatakan, pihaknya telah melakukan survei ke sejumlah kecamatan dari 11 kabupaten dan kota di Maluku, Keluhan pelanggan umumnya terkait gangguan jaringan dan tidak tersedianya layanan data dan suara

"Penambahan BTS merupakan upaya perbaikan layanan ke pelanggan yang mengeluhkan ketidaknyamanan gangguan jaringan," ujarnya.

Ia mengakui, tantangan yang dihadapi pihaknya ketersediaan infrastruktur penunjang dan pasokan listrik agar optimalisasi jaringan lebih baik.

"Kami telah melakukan koordinasi dengan Dinas Infokom, DPRD provinsi Maluku guna membantu kami mendapatkan fasilitas infrastruktur dan pasokan listrik dari pemerintah kabupaten dan kota yang akan dilakukan penambahan BTS," tandasnya.

Royke menambahkan dari sisi kualitas layanan, pihaknya akan melakukan peningkatan layanan pelanggan dan keterbatasan produk guna memenuhi komunikasi pelanggan.

"Pemenuhan kebutuhan kami berupaya meningkatkan distribusi produk maupun keterbatasan layanan saat kondisi normal," katanya.

Telkomsel pada 2013 telah melakukan penambahan 50 BTS di Pulau Ambon, mencakup wilayah sebagian Kota Ambon, yakni Desa Latuhalat, Seri, Air Louw, dan wilayah Pulau Ambon, yaitu Desa Alang, Seith, dan Larike.

Pada tahun yang sama juga menambah jumlah BTS di Maluku yakni 285 BTS 2G dan 3G di 185 lokasi.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014