Ambon (Antara Maluku) - Proses pemanjangan Pelabuhan Yos Soedarso Ambon dari tahapan pertama 57 meter menjadi 114 meter diperkirakan selesai pada akhir 2014.

"Sekarang pekerjaan tahap pertama sepanjang 57 meter dalam proses pengecoran lantai," kata Manager SDM dan Umum PT Pelindo Cabang Ambon Harison Nanlohy di Ambon, Kamis.

Dia menjelaskan, pekerjaan penambahan panjang pelabuhan Yos Soedarso Ambon ini guna memperluas lahan di dalam areal pelabuhan, hanya saja sedikit agak terlambat sebab menggunakan dana APBN bukan dana PT. Pelindo.

"Mudah-mudahan pekerjaan pengecoran lantai bisa selesai dalam waktu dekat, dan diperkirakan akhir 2014 sudah bisa selesai agar dilanjutkan lagi dengan tahap ke dua sepanjang 57 meter sehingga menjadi 114 meter, sesuai dengan perencanaan," ujarnya.

Panjang pelabuhan Yos Soedarso Ambon sekarang tercatat 576 meter dan bisa menampung 74.000 unit peti kemas.

Harison menjelaskan, untuk mempercepat kegiatan bongkar muat peti kemas yang belakangan ini cukup lancar masuk ke pelabuhan Ambon setelah pekerjaan tahap pertama sepanjang 57 meter itu selesai, akan dibangun rel untuk satu unit kontainer krent.

"Jadi kalau pekerjaan tahap pertama selesai maka sudah bisa dipasang kontainer krent yang didatangkan dari China untuk menambah laju arus bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Ambon," ujarnya.

Pelabuhan Ambon sangat membutuhkan kehadiran kontainer krent sebab pertumbuhan peti kemas di pelabuhan Yos Soedarso Ambon sangat meningkat.

"Tahun 2013 cukup meningkat hingga mencapai 74.000 boks, bila dibandingkan dengan kegiatan di tahun 2012 atau meningkat mencapai 15 persen, dan diperkirakan pada tahun 2014 ini peningkatan bisa mencapai 90.000 boks.

Harison menambahkan, dengan demikian kalau sampai dipasang kontainer krent yang bisa berfungsi dalam satu jam melakukan pembongkaran peti kemas sebanyak 26 unit maka akan lebih cepat proses bongkar muat di pelabuhan.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014