Ambon (Antara Maluku) - Pemadaman aliran listrik yang sering terjadi beberapa hari belakangan terutama di beberapa desa dan negeri Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon disebabkan gangguan pada travo PT PLN di Panegoro.

"Ada travo di Panegoro, Kelurahan Manggadua, yang terlepas satuan sambungannya sehingga terjadi gangguan aliran listrik yang menghubungkan beberapa desa dan negeri di Kecamatan Nusaniwe," kata Spv Humas PTPLN Maluku dan Maluku Utara Marswid Hetaria di Ambon, Selasa.

Selain itu, lanjutnya, ada juga pohon besar yang tumbang di Negeri Amahusu akibat dihantam angin hingga tumbang dan mengakibatkan jaringan terputus, akibatnya memerlukan beberapa hari untuk perbaikan.

Menurut Marswid, gangguan travo di kawasan Panegoro mengakibatkan sistem penyulam (pembagi) aliran listrik ke Kecamatan Nusaniwe yang terdapat di Desa Ahuru, Kecamatan Sirimau, mengalami gangguan yakni keluar dari sistem.

"Parbaikan sedan dilakukan dan ini mengakibatkan pemadaman sering terjadi, apalagi ada tiang yang patah di kawasan Air Salobar Kelurahan Nusaniwe pada waktu angin kencang beberapa hari lalu," ujarnya.

Menurutnya, di jalur jaringan aliran listrik mulai dari Negeri Amahusu, Nusaniwe, Latuhalat sampai dengan Dusun Air lou banyak tanaman umur panjang yang pada saat musim angin selalu menjadi faktor penyebab listrik padam.

"Jadi kalau terjadi pemadaman di beberapa desa dan negeri di kawasan Kecamatan Nusaniwe itu hanya sesaat karena ada pekerjaan perbaikan," ujarnya.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014