Ambon (Antara Maluku) - Wakil Ketua DPRD Maluku Zaid Mudzakir Asagaff mengakui Badan Musyawarah (Banus) DPRD telah melakukan rapat dan menentukan agenda pelantikan gubernur dan wagub terpilih pada Senin (10/3) pagi pukul 09.00 WIT.

"Penentuan waktu pelantikan oleh Bamus ini berdasarkan surat Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi ke lembaga eksekutif selaku pihak fasilitator pelantikan untuk melaksanakan rapat paripurna khusus dewan," kata Zaid di Ambon, Jumat.

Ia menyatakan DPRD Maluku tidak mendapatkan salinan Keputusan Presiden (Keppres) tentang pengesahan dan pelantikan Gubernur dan Wagub Maluku terpilih.

Keppres tersebut, kata Zaid, diserahkan Setneg ke Mendagri sehingga legislatif disurati untuk melakukan persiapan pelantikan.

"Nantinya Keppres ini juga diberikan kepada pasangan kepala daerah terpilih yang akan dilantik, dalam hal ini Said Assagaff-Zeth Sahubrua," katanya.

Terkait rencana pelantikan kepala daerah pekan depan, DPRD Maluku telah mengirimkan surat undangan ke seluruh bupati dan wali kota, kandidat cagub-cawagub lain dalam pilkada 2013, dan sejumlah Menteri.

Tamu yang dipastikan hadir selain Menteri Dalam Negeri yang akan melakukan pelantikan adalah Menteri Sosial, sedangkan Menteri Kelautan dan Perikanan serta Menteri Pertanian akan memberikan jawaban resmi setelah Jumat (7/3) sore atau Sabtu (8/3) pagi.

"Tapi yang jelas seluruhnya sudah diberi undangan," kata Zaid.

Ia mengatakan kegiatan gladi resik diatur secara teknis oleh panitia dari Pemprov bersama DPRD Maluku.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014