Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya kedekatan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan rakyat sebagai kekuatan besar bangsa dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 TNI.

Dalam pernyataannya usai memimpin Upacara HUT Ke-79 TNI di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Sabtu, Presiden Jokowi menyatakan bahwa momen HUT TNI kali ini semakin menunjukkan betapa eratnya hubungan TNI dengan masyarakat.

"HUT TNI ke-79 ini menunjukkan betapa dekatnya TNI dengan rakyat dan itu adalah power, itu adalah kekuatan besar negara kita," ujarnya.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi juga menegaskan bahwa persatuan antara TNI dan rakyat menjadi faktor penting dalam menjaga stabilitas dan kekuatan negara.

"TNI dan rakyat menyatu. Saya kira poin yang saya lihat itu," tambahnya.

Sementara itu, dalam pidatonya saat menjadi inspektur upacara, Presiden berharap agar TNI terus menjaga kedekatan dengan rakyat dalam melaksanakan tugasnya melindungi dan mempertahankan kedaulatan negara.

Presiden juga menyampaikan terima kasih atas loyalitas dan pengabdian seluruh prajurit TNI bagi bangsa dan negara.

"10 tahun memimpin pemerintahan, saya merasakan betul peran dan kontribusi nyata dari TNI dalam menjaga kedaulatan negara, dalam menjaga persatuan stabilitas politik, serta membantu mengatasi berbagai tantangan dan krisis," katanya.

Kedekatan TNI dengan rakyat diperagakan melalui parade alutsista berbagai kendaraan perang, seperti tank hingga mobil taktis yang mengangkut masyarakat berkeliling di sekitar kawasan Monas.

Masyarakat dari kalangan orang tua hingga anak-anak yang berkesempatan naik kendaraan tersebut nampak bersuka cita melambaikan tangan kepada Presiden Jokowi di Mimbar Kehormatan.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jokowi: HUT Ke-79 TNI tunjukkan eratnya hubungan TNI dan masyarakat

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024