Ambon (Antara Maluku) - Wakil Wali Kota Ambon Sam Latuconsina menyatakan daerah ini aman menjelang pelantikan Gubernur - Wagub Maluku pada 10 Maret 2014.

"Kami telah berkoordinasi dengan aparat keamanan soal pengamanan pelantikan. Namun, terpenting kesadaran masyarakat untuk memelihara stabilitas keamanan yang kondusif," katanya, di Ambon, Sabtu.

Apalagi, perhelatan demokrasi itu telah berakhir dengan diterbitkannya SK Presiden untuk pelantikan Said Assagaff - Zeth Sahuburua pada 26 Februari 2014.

"Rasanya perbedaan politik telah berakhir dengan terpilihnya pemimpin Maluku lima tahun ke depan sehingga saatnya bersatu padu dalam rangka membangun provinsi ini ke depan," ujarnya.

Karena itu, waga Kota Ambon dan Maluku secara umum hendaknya menjadi tuan rumah yang baik untuk menerima kehadiran para petinggi negara, termasuk Konsul Amerika Serikat di Surabaya yang telah mengkonfirmasi kehadirannya di acara pelantikan tersebut.

"Warga Ambon terkenal dengan ramah tamahnya sehingga pastinya memelihara stabilitas keamanan agar para tamu sekembalinya ke daerah maupun negaranya menceritakan kehidupan masyarakat yang dilandasi budaya `pela dan gandong` sebagai warisan leluhur," kata Sam.

Pewarta: Lexy Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014