Penjabat (Pj) Gubernur Maluku Utara (Malut) berharap agar manajemen Rumah Sakit Umum (RSU) dr. Chasan Boesoerie (CB) terus meningkatkan kualitas pelayanan Kesehatan, sehingga memberikan manfaat kepada masyarakat.

"Mari sama-sama kita jaga citra rumah sakit dengan memberikan pelayanan yang menjunjung tinggi sikap profesionalisme, memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan pasien sebagai penerima pelayanan rumah sakit," kata Pj Gubernur Malut, Samsuddin A. Kadir. saat menjadi pembina upacara dalam rangka peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-22 Rumah Sakit dr. Chasan Bosoirie, bertempat di halaman RSU dr. Chasan Bosoirie, Kamis.

Pj Gubernur berharap kondisi yang mulai tenang dan stabil ini dapat terus ditingkatkan dan dipertahankan.

Dirinya juga menyampaikan kepada seluruh staf pelayanan rumah sakit untuk selalu bekerja dengan baik untuk melayani masyarakat, mendukung kebijakan manajemen untuk menata birokrasi rumah sakit.

Dalam pelaksanaan kegiatan HUT Rumah Sakit dr. Chasan Bosoirie, tersebut juga dirangkaikan dengan pemberian penghargaan kepada pegawai, dokter, perawat terbaik, dengan kriteria penilaian mencakup kedisiplinan, kerjasama dan berinovasi, serta penghargaan penggunaan baju adat terbaik.

Pj. Gubernur juga menyampaikan, bahwa tema pada HUT yang ke-22 yakni “Membangun Sinergitas Untuk Memberikan Pelayanan Terbaik” ini sejalan dengan upaya pimpinan dan jajaran RSUD CHB untuk menggalang semangat kebersamaan dalam rangka melakukan pembenahan secara bertahap dan berkesinambungan di tengah dinamika rumah sakit yang terus berkembang.

Hari Ulang Tahun RSUD dr. Chasan Boesoirie terasa sangat istimewa karena berdekatan dengan Peringatan Hari Ulang Tahun Provinsi Maluku Utara  pada  12 Oktober 2024. Pemerintah Provinsi Maluku Utara mengapresisasi setiap kegiatan HUT RSCHB yang menjadi bagian dari rangkaian HUT Provinsi Maluku Utara ke-25," sebut Samsuddin.

Sebelumnya  rumah sakit ini mengalami dinamika internal yang mempengaruhi pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Alhamdulillah berbagai problem rumah sakit tersebut secara bertahap dapat dilalui dan diselesaikan,"ungkapnya.

Samsuddin juga memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Direktur, Wakil Direktur dan Seluruh Jajaran Chasan Boesoirie yang telah berupaya keras untuk menyelesaikan setiap masalah yang terjadi. Tata kelola keuangan dan pelayanan kesehatan rumah sakit terus menunjukkan perbaikan.

RSUD dr. H. Chasan Boesoirie, kata Samsuddin, mempunyai sejarah yang cukup panjang. Ditinjau dari eksistensi rumah sakit di wilayah Maluku Utara maka rumah sakit ini sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. 

Perjuangan Dokter Chasan Boesoirie sudah dimulai sejak beliau bertugas sebagai dokter pribumi pertama di Malut pada tahun 1937. Kemudian menjadi Kepala Rumah Sakit Ternate pada tahun 1941.

Sehingga, dengan ketokohan Dokter Chasan Boesoirie maka nama bersangkutan disematkan sebagai nama rumah sakit ini pada t9 Oktober  2002. 

"Atas nama Pemerintah Daerah, saya mengucapkan selamat hari ulang tahun ke-22 Rumah Sakit Umum Daerah dr. Chasan Bosoirie dan selamat hari ulang tahun ke-25 Provinsi Malut," ujarnya,

Kiprah dan perjuangan Dokter Chasan Boesoirie perlu diteladani oleh generasi saat ini, terutama semangat berkorban untuk melayani masyarakat,"pinta Samsuddin.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024