Polisi Air (Polair) Polda Maluku melaksanakan patroli rutin di perairan Maluku untuk memastikan situasi laut tetap dalam keadaan aman dan kondusif.

"Patroli ini sangat penting untuk mengawasi aktivitas di laut. Kami ingin memastikan bahwa perairan kita aman bagi nelayan dan masyarakat yang beraktivitas di sana,” kata Komandan kapal Teluk Ambon XVI -3002 Ipda Reinner J Tannewa saat memimpin patroli tersebut, di Ambon, Jumat.

Kegiatan patroli perairan ini juga dimanfaatkan oleh Subsatgas Polairud OMP Salawaku Polda Maluku untuk memberikan imbauan  kepada masyarakat untuk menjaga kamtibmas yang kondusif selama tahapan pilkada berlangsung.

Menurut Tannewa, patroli perairan ini dilakukan dengan mengerahkan sembilan personel  Subsatgas untuk memberikan imbauan serta edukasi kepada masyarakat untuk memelihara kerukunan dan kedamaian selama tahapan Pilkada berlangsung.

Masyarakat juga diingatkan agar tidak mengajak orang lain untuk melakukan aksi-aksi provokatif di jalanan. Sebab, hal ini dapat berpotensi merusak situasi kamtibmas menjelang Pilkada serentak tahun 2024.

"Kami juga melaksanakan bimbingan dan penyuluhan kepada masyarakat dan kami meminta mereka agar senantiasa menjaga dan memelihara kamtibmas sehingga tercipta suasana aman dan damai jelang pilkada," ungkapnya.

Setiap warga yang ditemui juga terus diingatkan agar tidak mudah percaya dengan berita yang tidak benar atau hoaks. Apa lagi membagikan berita tersebut ke orang lain maupun melalui media sosial.

"Kami ingatkan agar tidak membagikan berita hoaks, dan selalu mengecek kebenaran berita yang beredar di media sosial sehingga situasi kamtibmas tetap terjaga dan proses Pilkada dapat berjalan dengan aman dan damai," jelasnya.

Ia menambahkan bahwa Polair Polda Maluku berkomitmen untuk meningkatkan intensitas patroli dan berkolaborasi dengan instansi terkait untuk menjaga keamanan di perairan. “Kami tidak akan berhenti di sini. Keamanan laut adalah tanggung jawab bersama, dan kami siap untuk melaksanakan tugas ini demi masyarakat,” tegasnya.

Melalui langkah ini, Polda Maluku berharap dapat menciptakan suasana aman dan kondusif di perairan, serta mendukung keberlanjutan sektor perikanan dan kegiatan ekonomi masyarakat setempat.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024