Sebanyak 247 atlet mengikuti kejuaraan daerah (Kejurda) atletik di stadion Universitas Pattimura (Unpatti) untuk menghadapi kejuaraan nasional (Kejurnas) musim depan.

"Kejurda ini terdiri dari tiga kelompok umur, mulai dari 15 tahun hingga dewasa," kata Ketua Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Maluku M. J. Saptenno saat membuka kejurda itu di Ambon pada Selasa.

Ia mengungkapkan atlet-atlet tersebut berasal dari Kabupaten Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur, Maluku Tengah, Maluku Barat Daya, Kepulauan Tanimbar, Maluku Tenggara dan Kota Ambon.

"Kelompok umur U15-16 mempertandingkan masing-masing sembilan nomor putra dan sembilan nomor putri. Sementara U18-19 dan U20 mempertandingkan masing-masing 10 nomor putra dan 10 nomor putri," jelasnya.

Para atlet ditantang untuk memenangkan lomba berbagi nomor, mulai sprint 100 meter, sampai lari gawang dan estafet.

Saptenno mengapresiasi kejuaraan daerah itu karena merupakan wujud kepedulian terhadap pembinaan dan pengembangan atletik.

"Kejurda ini juga dilaksanakan untuk mencari atlet-atlet potensial guna direkrut mewakili daerah ini ke tingkat nasional maupun internasional," kata dia.

la berharap kejurda ini menghasilkan atlet-atlet muda berprestasi di masa depan, apalagi Maluku adalah gudang atletik, salah satunya sprinter Alvin Tehupeiory yang merupakan atlet Maluku dengan jumlah medali terbanyak.

Dia merupakan salah satu atlet Indonesia yang berlaga dalam Olimpiade Tokyo 2020.

Nona Hutumury ini telah ikut serta dalam PON 2012, 2016, dan 2020, dengan total mengoleksi tiga emas, satu perak, dan satu perunggu.

Dia meraih emas dan perunggu PON 2012 dari estafet 4x400 meter dan estafet 4x100 meter.

Dia juga mendapatkan medali emas dan perak PON 2016 dari nomor 400 meter gawang dan estafet 4x400 meter.

Pada PON 2021 Papua, Alvin menambah koleksi medali emas dari nomor 400 meter lari gawang.

Hadir saat pembukaan Kejurda Atletik tersebut Dekan FKIP Unpatti Izaac Wenno, Ketua Bidang Media dan Humas KONI Maluku Izaac Tulalessy, Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Maluku Carolus Nirahua, Ketua Pengkot PASI Ambon AG Latuheru, dan pimpinan klub atletik. 

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024