Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Ambon akan menggelar debat kedua Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Ambon 2024 di Jakarta.

Ketua KPU Kota Ambon, Kaharuddin Mahmud di Ambon, Minggu mengatakan, pelaksanaan debat kedua Pilkada dijadwalkan dilaksanakan di Jakarta pada 2 November 2024.

"Tahap kedua sesuai rencana dilaksanakan dua opsi, pertama di Jakarta dan opsi kedua di Ambon, kami telah melakukan komunikasi dengan pasangan calon terkait pelaksanaan debat kedua kandidat di Jakarta, " katanya.

Ia mengatakan, pilihan debat kedua di Jakarta bekerja sama dengan salah satu TV Nasional dan disiarkan secara langsung.

Bukan tanpa alasan, pelaksanaan debat di Jakarta diharapkan bukan hanya warga Kota Ambon atau Maluku saja yang dapat melihat dan menilai kualitas calon pemimpin Kota Ambon lima tahun mendatang.

Tetapi seluruh masyarakat Indonesia, lebih khususnya warga Maluku dan Kota Ambon di perantauan juga bisa melihat secara langsung kualitas calon pemimpin.

Di sisi lain yakni faktor keamanan, kualitas gambar penyiaran, kesiapan media pendukung, serta telah masuk dalam kontrak kerja sama.

"Pelaksanaan debat di Jakarta kita ingin membuat sesuatu yang berbeda dari sebelumnya, " katanya.

Pihaknya telah melakukan komunikasi dengan dua pasangan calon wali kota dan wakil wali kota, yang menyetujui pelaksanaan debat kedua di Jakarta.

"Dua pasangan calon lainnya yakni nomor urut satu dan dua akan menyampaikan kesediaan, selanjutnya kita akan melakukan koordinasi persiapan debat kedua, " katanya.

Debat kandidat digelar dua kali dengan fokus topik pada isu-isu lokal. Materi debat pertama terkait tata kelola pemerintahan pelayanan publik dan harmonisasi sosial.

Materi debat kedua terkiat peningkatan kesejahteraan dan pelayanan masyarakat, yang saat ini masih dibahas oleh tim panelis.

 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024