Wirausahawan teknologi atau teknopreneur asal Maluku, Viany Juniaty Huwae, terpilih menjadi salah satu Wirausaha Muda Pemula Berprestasi tingkat nasional yang diselenggarakan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI.

"Saya juara kedua di bidang teknopreneur terkait apresiasi bagi wirausaha pemula," kata Viany Huawe saat dihubungi dari Ambon, Ahad.

ia mengaku bersyukur mendapat kesempatan untuk mewakili Maluku sekaligus mengharumkan nama daerahnya itu di kancah nasional.

"Semoga dengan pencapaian ini bisa menginspirasi anak-anak muda Indonesia khususnya dari timur dan Maluku," katanya.

Dia juga berharap anak-anak muda bisa melihat peluang bahwa terdapat banyak bidang usaha yang bisa ditekuni tanpa harus menjadi pegawai negeri.

"Kita bisa menciptakan lapangan kerja bagi kita sendiri dan bagi banyak orang," tuturnya.

Ia melanjutkan bahwa dengan pencapaian ini dia akan menggunakan hadiah Rp25 juta yang didapatnya untuk membuat platform digital atau sebuah wadah untuk digitalisasi UMKM.

"Dengan begitu juga diharapkan dapat menyerap semakin banyak tenaga muda untuk bekerja sama, selain juga dapat meningkatkan kompetensi mereka untuk menjadi teknopreneur," katanya.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI Raden Isnanta dalam keterangan tertulis menyatakan ajang itu merupakan sarana apresiasi dalam bentuk penghargaan kepada pemuda maupun aktivis penggerak  kewirausahaan baik secara perorangan maupun lembaga.

Apresiasi itu diberikan atas dasar usaha dan kerja aktif pada sektor pembangunan ekonomi kemasyarakatan serta telah menunjukkan hasil dan memiliki potensi untuk berkembang.

"Kita cukup selektif dalam memilih kandidat Wirausaha Muda Pemula Berprestasi baik dalam kategori individu maupun Lembaga Layak Wirausaha Muda Pemula Tingkat Nasional Tahun 2024," tuturnya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024