Ambon, 23/5 (Antara) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ambon mulai mencatat hasil rekapitulasi jumlah daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHB) untuk Pemilihan Presiden tanggal 9 Juli 2014 sebanyak 265.969 orang.

"Tercatat sebanyak 265.969 orang itu merupakan hasil rekapitulasi DPSHB yang tersebar di lima kecamatan yakni Kecamatan Nusaniwe, Sirimau, Baguala, Teluk Ambon, Leitimur Selatan," kata Ketua KPU Kota Ambon, Marthinus Kainama, Jumat.

Marthinus mengatakan, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pada pelaksanaan pemilihan legislatif April 2014 lalu sebanyak 262.969 yang terdiri dari daftar pemilih yang ditetapkan sesuai rekapitulasi sebanyak 257.518 orang, kemudian daftar pemilih khusus sebanyak 5.451 orang.

"Sekarang ini sudah tambah lagi daftar pemilih pemula sebanyak 3.000 orang sesuai dengan daftar pemilih sementara hasil perbaikan menjadi 265.969 orang," ujarnya.

Jumlah ini juga belum bisa ditetapkan, lanjutnya, sebab masih terus dilakukan perbaikan - perbaikan.

Dia menjelaskan, awalnya KPU Kota Ambon menetapkan jumlah daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) sebelum masuk daftar pemilih pemula untuk Pemilihan Presiden 2014 sebanyak 262.969 orang, yang merupakan hasil rekapitulasi DPSHP terdiri 127.074 pemilih laki- laki, dan 135.895 pemilih perempuan, yang tersebar di lima kecamatan.

Menurut dia, daftar pemilih sementara hasil perbaikan tersebut merupakan hasil penyocokan dan penelitian dari daftar pemilih sementara Pilpres serta pemutakhiran yang telah dilakukan panitia pemungutan suara pada 59 desa dan kelurahan di Ambon.

"Kami berharap dalam pelaksanaan Pilpres mendatang, seluruh proses bisa berlangsung lancar dan aman di semua TPS yang berjumlah 668 dan tersebar di lima kecamatan dalam wilayah pemerintah Kota Ambon," ujarnya.

Jadi ada perampingan TPS, lanjutnya, pada pelaksanaan pemilihan anggota legislatif jumlah TPS sebanyak 736 kini dirampingkan menjadi 668 TPS.

"Perampingan jumlah TPS dilakukan untuk mempermudah petugas PPS dan PPK melaksanakan tugas, sekaligus menaikkan jumlah pemilih di satu TPS," ujarnya.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014