Ambon (Antara Maluku) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ambon telah menerima sebanyak 262.668 surat suara untuk pemilihan presiden (pilpres) 2014.

"Kami telah menerima surat suara pilpres dari KPU pusat pada 16 Juni 2014 sebanyak 262.668 dari total daftar pemilih tetap (DPT) Kota Ambon yang tercatat 265,747 orang," kata anggota Pokja Logistik KPU Kota Ambon Rikke Uruilal, Rabu.

Ia mengatakan, surat suara yang diterima KPU Ambon belum sesuai jumlah DPT kota Ambon, belum ditambah dua persen dari DPT, sehingga total yang harus diterima 271.062 lembar.

Terkait kekurangan jumlah tersebut, pihaknya akan menggunakan sistem informasi logistik (Silog) untuk dikirim ke KPU pusat.

"Jumlah tersebut belum termasuk proses sortir, karena saat sortir kemungkinan akan ditemukan surat suara yang rusak sehingga harus diminta penggantinya," katanya.

Menurut dia, surat suara pilpres untuk 11 kabupaten dan kota di Maluku yang tiba tersebut langsung didistribusikan ke KPU Kota Ambon.

Selain menerima surat suara, pihaknya juga menerima formulir, tinta dan segel, daftar pasangan calon serta surat suara pemilihan ulang.

"Sedangkan alat kelengkapan lainnya di TPS seperti spidol, lem, benang, bantal spon, tanda pengenal KPPS, saksi dan lainnya dilakukan KPU kota Ambon," katanya.

Rike menjelaskan, pelipatan surat suara disesuaikan jadwal yakni mulai 20 Juni 2014.

Jika seluruh suarat suara dan formulir telah lengkap, akan dilakukan proses pelipatan yang ditargetkan berlangsung hingga 6 Juli 2014.

"Setelah proses pelipatan akan dilakukan sortir surat suara oleh staf KPU Kota Ambon sebelum didistribusi ke TPS," katanya.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014