Ambon (Antara Maluku) - PT Pertamina Marketing Operation Region VIII meminta bantuan Pemerintah Kota Ambon guna melakukan pengawasan penyaluran bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

"Kami mohon Pemkot Ambon melalui Wali Kota Richard Louhenapessy guna membantu melakukan pengawasan," kata Manager Marketing Operation Region VIII Mohammad Irfan saat memberikan sambutan pada acara pengresmian SPBU CODO di Ambon, Senin.

Selama tahun 2014 Pertamina Marketing mendapat penugasan dari Pemerintah melalui BPH Migas guna menyalurkan 1,22 juta kilo liter (KL) BBM bersubsidi di wilayah Maluku dan Papua.

"Kami mohon bantuan pengawasan, lanjutnya, agar supaya benar - benar BBM PSO ini dapat disalurkan tepat sasaran, jangan sampai nantinya di tinfgkat lapangan ada salahgunakan," katanya.

"Bisa saja digunakan untuk kebutuhan industri, itu yang harus diwaspadai bersama dengan melakukan pengawasan yang ketat agar BBM PSO ini disalurkan tepat sasaran," ujarnya.

Dia menjelaskan, 1,22 juta KL ini meliputi premium, minyak tanah dan solar yang disalurkan melalui lembaga - lembaga penyalur yang diangkat dan salah satunya adalah SPBU CODO yang baru diresmikan di Ambon.

Selama ini menurutnya, Pertamina memiliki sejumlah lembaga penyalur seperti stasium pengisian bahan bakar umum (SPBU), agen premium dan minyak solar (APMS), dan SPDN yang ditunjuk guna melayani nelayan, dan juga ada agen minyak tanah

"Jadi kami mohon bantuan Pemkot Ambon guna melakukan pengawasan bersama Pertamina mengingat BBM PSO ini yang disubsidi oleh negara maka penyalurannya harus dimonitor dengan cerdas jangan sampai salahgunakan," ujarnya.

Dia mengatakan, bisa saja masyarakat yang berhak mendapatakannya justru tidak sebab salah sasarannya dilapangan akibat salahgunakan.

Dia juga berharap dengan kehadiran SPBU CODO dikawasan Pohon Pule, Kelurahan Waihaong, Kecamatan Nusaniwe, dapat memperlancar masyarakat guna mendapatkan bahan bakar minyak, apalagi di Kota Ambon ini dengan adanya tambahan satu unit SPBU CODO ini maka tercatat sudah ada delapan SPBU yang beroperasi di Ambon.

"Apalagi SPBU CODO dengan nomor 83.971.01 ini selain menyediakan bahan bakar minyak solar dan premium ini juga menyediakan bahan bakar khusus Pertamina Dex," ujarnya.

Karena itu SPBU ini merupakan SPBU pertama di Kota Ambon dan Maluku pada umumnya yang akan menjual Pertamina Dex Bulk (curah) yang didatangkan menggunakan ISOTANK dari Surabaya dan rencananya akan tiba di Ambon dalam minggu ini.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014