Ambon (Antara Maluku) - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon berkoordinasi dengan PT Pertamina cabang Ambon terkait pasokan minyak tanah untuk memenuhui kebutuhan masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriah.

"Kami telah berkoordinasi dengan pihak Pertamina terkait pasokan minyak tanah bagi masyarakat mejelang hari raya lebaran, dan prinsipnya Pertamina menjamin tidak terjadi kelangkaan," kata Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy, Senin.

Ia mengatakan jelang lebaran pasokan minyak tanah untuk masyarakat harus terjamin, jangan sampai ada kelangkaan sehingga masyarakat harus mengantre di sejumlah agen maupun pangkalan.

"Koordinasi ini penting untuk mengantisipasi kelangkaan minyak tanah, kami tidak ingin terjadi antrean panjang di kawasan tertentu," katanya.

Menurut Richard, pihaknya melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) juga akan memantau agen dan pangkalan agar tidak terjadi penimbunan stok minyak tanah.

"Pihak agen dan pangkalan juga akan diawasi, karena bisa saja stok tersedia tetapi terjadi penimbunan akan berdampak ke masyarakat yang akan merayarakan hari raya maupun untuk kebutuhan sehari-hari," tandasnya.

Sementara itu, General Manager Marketing Operation Regio VIII M. Irfan mengatakan pihaknya akan mengawasi penyaluran minyak tanah di Kota Ambon baik di tingkat agen maupun pangkalan secara internal dan eksternal dengan melibatkan berbagai pihak terkait.

"Secara internal, yakni melakukan pengecekan dan pengawasan jadwal pengiriman minyak tanah ke pangkalan," katanya.

Menjelang lebaran, katanya, Pertamina mengimbau masyarakat untuk tidak membeli minyak tanah secara berlebihan karena kebutuhan itu disalurkan secara berkala dengan normal sesuai jadwal.

"Ketersediaan minyak tanah untuk bulan Juli 2014 selama Ramadhan, menjelang lebaran, ditambah sebesar sembilan persen dari periode sebelumnya," katanya.

Sedangkan bahan bakar minyak (BBM) lain, yaitu premium dan solar tersedia dalam jumlah yang cukup dan senantiasa dipantau stoknya di SPBU khususnya selama Ramadhan menjelang Idul Fitri atau arus mudik dan balik,

Dengan ketersediaan BBM yang cukup diharapkan dapat membantu menjaga ekspektasi masyarakat wilayah Maluku khususnya Kota Ambon dalam menyambut Idul Fitri.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014