Ternate (Antara Maluku) - Puncak arus mudik lebaran dari Ternate, Maluku Utara (Malut) ke berbagai kabupaten dan kota di provinsi ini, yang menggunakan transportasi laut terjadi pada Minggu (27/7) .

Pemantauan di sejumlah pelabuhan di Ternate, seperti Pelabuhan Bastiong Ternate, Pelabuhan Kota Baru dan Pelabuhan Dufa-Dufa menunjukkan sejak Minggu pagi hingga Minggu sore banyak pemudik yang antre menunggu speed boad dan kapal yang akan membawa mereka ke daerah tujuan.

Pelabuhan yang terlihat paling banyak dipadati pemudik lebaran adalah pelabuhan Bastiong Ternate yang akan menggunakan kapal feri untuk tujuan Pulau Tidore, Sofifi, ibu kota Provinsi Malut dan Sidangoli, Kabupaten Halmahera Barat.

Manajer Usaha PT ASDP Cabang Ternate, Ali Tamher mengatakan, kepadatan pemudik lebaran yang melalui Pelabuhan Bastiong Ternate untuk tujuan Tidore, Sofifi dan Sidangoli sudah terjadi sejak dua hari lalu dan puncaknya pada hari ini.

Walaupun terjadi kepadatan pemudik lebaran di pelabuhan feri tersebut, semuanya bisa terangkut karena PT ASDP telah mengantisipasinya dengan menyiagakan sejumlah kapal feri serta menambah trip penyeberangan, untuk tujuan Tidore misalnya ditambah dari enam trip menjadi sepuluh trip.

Begitu pula untuk tujuan Sofifi, menurut Ali Tamher, mengerahkan dua kapal feri untuk mengangkut pemudik lebaran ke wilayah itu, hingga dipastikan semuanya bisa terangkut hari ini, termasuk yang membawa kendaraan roda dua maupun roda empat.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan, Telekomunikasi dan Informatika Malut, Mansur Abdullah mengatakan, sejauh ini arus mudik lebaran di seluruh wilayah di Malut berjalan lancar dan semunya bisa terangkut, karena sarana angkutan yang tersedia, baik di laut, darat maupun udara cukup tersedia.

Khusus untuk angkutan laut dari Ternate tujuan berbagai kabupaten dan kota di Malut, tersedia sebanyak 447 unit, sedangkan untuk transportasi udara untuk tujuan luar Malut, tersedia sedikitnya 10 kali penerbangan setiap hari yang dilakukan sejumlah maskapai penerbangan nasional.

Pewarta: La Ode Aminuddin

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014