Ambon (Antara Maluku) - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menjajaki kerja sama "Sister City" dengan Pemerintah Singapura di bidang kesehatan, kata Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy, Selasa.

"Ke depan kami akan melakukan penjajakan kerja sama dalam bentuk "sister city" dengan Pemerintah Singapura, khusus untuk bidang kesehatan, setelah sebelumnya kami telah melakukan kerja sama dengan Pemerintah Darwin, Australia dan Vlissingen Belanda," kata Richard Louhenapessy di Ambon.

Menurut dia, penjajakan kerja sama dilakukan guna meningkatan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat Kota Ambon.

"Kami berharap dengan kerja sama ini Ambon bisa lebih baik lagi dan peningkatan kesejahtraan dan kesehatan warga kota, melalui bantuan alat kesehatan dan tenaga medis," katanya.

Richard menjelaskan Kota Ambon terus berkembang tidak saja sebagai pusat pemerintahan tetapi juga sebagai Kota Pendidikan, Kota Jasa dan Kota Perdagangan serta Kota Wisata.

Tahun 2014, Kota Ambon mendapat kunjungan dari Singhealth dan Singapura General Hospital (SGH), yakni para dokter ahli untuk penjajakan kerja sama.

"Kita berharap kerja sama ini dapat terjalin dan dapat segera dilakukan untuk kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Tim dokter yang melakukan kunjungan ke Ambon guna jajakan kerja sama, yakni Chujeow Leng (ahli bedah jantung), Tay Boon Keng (ahli bedah tulang), Foo Chee Liam (ahli bedah plastik dan rekonstruksi) serta Fong Yuke Tian (ahli penyakit dalam).

Kunjungan tersebut sebagai tindak lanjut kunjungan para dokter ahli kanker dari Nasional Cancer of Sigapura tahun 2013.

"Selain Singapura, Pemkot Ambon juga akan menjajaki kerja sama dengan Kota Maryland-Amerika Serikat juga di bidang kesehatan dan sejumlah bidang lain. Hal ini demi memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, khususnya di bidang kesehatan," jelasnya.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014