Ternate (Antara Maluku) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Ternate, Maluku Utara (Malut), akan mengembangkan sarana olahraga dalam rangka meningkatkan prestasi bagi para olaragawan di daerah ini.

"Kami akan terus mengembangkan dan membangun berbagai prasarana dan sarana olahraga di kota ini. Hal itu dilakukan karena sarana olahraga yang ada saat ini sangat minim sekali, terutama di kecamatan-kecamatan," kata Ketua KONI Ternate, Burhan Abdurahman di Ternate, Selasa.

Disamping itu, dalam upaya memasyarakatkan olahraga sekaligus mendukung pembentukan prestasi atlet baik di tingkat nasional maupun internasional.

"Harus jujur diakui sarana olahraga kita, terutama di kecamatan saat ini sangat minim. Inilah yang harus kita lakukan pengembangan dan pembangunannya. Tidak hanya lapangan sepakbola, tetapi juga sebuah wahana yang dapat menampung semua kreatifitas masyarakat dibidang olahraga," ujarnya.

Dia menjelaskan, potensi olahraga dikota Ternate sangatlah mampu bersaing dengan daerah-daerah luar, bahkan ditingkat nasional hingga Internasional, untuk itu perjuangan untuk meningkatkan mutu olahraga di Kota Ternate perlu dijadikan sebagai destinasi pembangunan dibidang olahraga.

Apalagi, putra dan putri Malut khususnya di Kota Ternate telah mampu mengharumkan nama baik negara dan daerah ini.

Sementara itu, Ketua KONI Provinsi Malut, Djafar Umar menyatakan, setelah dikukuhkan kepengurusan KONI Ternate yang diketuai Burhan Abdurahman yang juga wali kota Ternate ini, agar kepengurusan baru lebih intensif lagi dalam meningkatkan program kerja dibidang olahraga.

Dimana, generasi muda Malut dan kota Ternate selama ini sudah membawa nama harum daerah, karena bakat dan minta generasi muda yang keluar mewakili daerah sangat menonjol dan itu menunjukkan bakat dengan maksimal.

Oleh karena itu, dirinya berharap agar KONI Kota Ternate bisa berperan aktif dalam meningkatkan pembinaan bagi bibit-bibit olahraga berprestasi, sehingga bisa berprestasi di ajang regional maupun nasional.

Menurutnya, Kota Ternate telah melahirkan sejumlah atlit berprestasi yang telah mengharumkan nama Negara seperti Ilham Udin Armaiyn dan Mahdi Albaar yang perkuat timnas U-19 tahun, Zulham Zamrun dan Rizki Pora yang kini perkuat timnas senior PSSI.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014