Ternate (Antara Maluku) - Wali Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), mengajak warganya untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan sebagai refleksi HUT Kemerdekaan ke-69 tahun ini.

"Saya mengajak kepada semua pihak untuk tetap menjaga persatuan dan keutuhan bangsa ini dengan tidak terprovokasi dan mudah mengikuti bujuk rayu pihak tertentu untuk merusak integritas bangsa," katanya di Ternate, Minggu.

Wali kota juga meminta warganya untuk mengantisipasi masuknya jaringan dan paham Islamic State of Irak and Syria (ISIS).

"Yang terpenting adalah masyarakat harus menjaga kekompakan dan kebersamaan, sehingga NKRI ini tidak mudah terganggu dari pengaruh luar dan tetap utuh hingga di masa-masa yang akan datang," ujarnya.

Ia mengatakan, jika kebersamaan masyarakat tidak lagi erat, maka dapat mempengaruhi pertahanan NKRI. Keamanan dan ketenteraman masyarakat terjamin dan terjaga baik merupakan salah satu syarat dalam mendorong pembangunan.

Wali Kota juga berharap aparat kelurahan di Kota Ternate senantiasa mengontrol masyarakatnya masing-masing, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman, sebelumnya menjadi Inspektur Upacara pada detik-detik perayaan HUT Proklamasi RI ke-69 yang dipusatkan di Lapangan Ngara Lamo Ternate.

Detik-detik proklamasi yang dimulai pukul 10.00 WIT tersebut berjalan baik, dimulai dari pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPRD Kota Ternate, Iqbal Ruray dan pengibaran sangsaka merah putih.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014