Ambon (Antara Maluku) - Sebanyak lima peserta dari kota Ambon maupun luar daerah lolos seleksi lomba cipta desain maskot mangente (Datang dan Melihat Langsung) Ambon 2015

"Pendaftaran lomba yang dimulai 10 Juli - 11 Agustus 2014 mendapat respon yang cukup positif dari masyarakat kota Ambon maupun luar daerah, tercatat 63 peserta dan lima dinyatakan lolos seleksi," kata Kepala Kantor Pengolahan Data Elektronik (KPDE) kota Ambon, Johanis Latumahina, Selasa.

Menurut dia, lima peserta yang lolos seleksi tersebut merupakan perwakilan daerah yakni kota Ambon, Jogya, Kediri, Surabaya dan Jakarta.

"Mereka akan mengikuti tahapan selanjutnya yakni presentasi desain maskot dihadapan para juri pada 25 Agustus mendatang, selanjutnya akan diumumkan pemenang lomba," katanya.

Johanis mengatakan, seluruh peserta telah menyerahkan hasil karya kepada panitia yang disesuaikan kriteria lomba yang terbagi menjadi umum dan khusus.

Kriteria yang dilombakan di antaranya sederhana, mudah diingat serta mendukung visi kota Ambon yang Maju, Mandiri, Religius, Lestari dan Harmoni Berbasis Masyarakat.

Karya yang dilombakan, lanjutnya harus karya asli sendiri, bukan tiruan, serta belum pernah dipublikasikan.

Sedangkan kriteria khusus dengan tema utama adalah pela gandong (hubungan persaudaraan) sebagai bentuk kearifan lokal, serta mengakomodir sejarah kota, ciri khas atau keunikan serta harus memiliki nama dan arti.

Ia menjelaskan,lomba desain bertujuan menghasilkan maskot Mangente Ambon yang bermanfaat sebagai media promosi pariwisata.

"Design maskot diharapkan mencerminkan karakteristik kekayaan alam, sejarah maupun ciri khas seni dan budaya Ambon," katanya.

Total hadiah yang disediakan bagi pemenang berupa trofi dan bonus sebesar Rp65 juta.

"Pemenang utama akan mendapatkan bonus Rp15 juta. Khusus bagi peserta lomba diluar Ambon yang masuk ima besar, biaya trasportasi dan akomodasi ditanggung panitia," kata Johanis.

Ditambahkannya, lomba ini diharapkan dapat menghasilkan ikon pariwisata Ambon sebagai ajang promosi yang mencerminkan karakteristik potensi wisata maupun aspek seni budaya.

"Informasi lebih lanjut dapat dilihat pada website www.ambon.go.id atau melalui sistem informasi pariwisata yakni www.visitambon.go.id," katanya.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014