Ambon (Antara Maluku) - Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon Benny Kainama mengatakan sekolah di Ambon baru menerima paket buku pelajaran agama kurikulum 2013 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"Sampai saat ini hanya paket buku pelajaran agama yang baru kami terima, sedangkan lainnya masih dalam proses pengiriman," katanya, di Ambon, Selasa.

Menurut dia, mengantisipasi keterlambatan pengiriman pihaknya telah memberikan kepingan compact disk (CD) yang jika diprint out (cetak) berisi buku kurikulum 2013.

Walaupun buku pelajaran Kurikulum 2013 belum diterima, tetapi kegiatan belajar-mengajar tetap berlangsung, karena guru telah memegang satu salinan buku pedoman milik guru dan murid.

"Para guru juga sebelumnya telah diberikan pelatihan Kurikulum 2013 sejak tahun lalu oleh Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP)," katanya.

Benny menyatakan, buku teks pelajaran tidak diperjualbelikan tetapi akan dibagikan secara gratis, sedangkan buku tulis dan referensi harus dibeli siswa.

"Buku teks pelajaran disediakan Kemendikbud melalui dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sebesar lima hingga 10 persen, dan Dana Alokasi Khusus (DAK)," ujarnya.

Ia menjelaskan, tender proyek pengadaan buku teks pelajaran juga dilakukan pemerintah pusat dan tidak melalui pemda. Buku tersebut untuk setiap tingkatan pendidikan diberikan sebanyak 10 buku.

Untuk tingkat SD terdiri dari sembilan mata pelajaran ditambah satu buku pelajaran agama. Sedangkan SMP, SMA dan SMK sebanyak 10 buku dan disesuaikan penjurusan atau peminatan siswa.

Orang tua, lanjut Benny juga dapat mengunduh buku pelajaran Kurikulum 2013 dari laman Kemendikbud.

"Sudah ada tiap pelajaran di tiap tingkatan, bisa diunduh format PDF-nya, agar orang tua dapat memantau proses pembelajaran anak, " ujarnya.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014