Ambon (Antara Maluku) - Dinas kesehatan (Dinkes) Maluku mengimbau para jamaah calon haji (Calhaj) asal daerah ini untuk tidak takut di tanah suci terkait mewabahnya virus mematikan Ebola di Benua Afrika.

"Virus itu belum masuk ke Arab Saudi dan untuk menunaikan ibadah haji pemerintah setempat telah mengoperasikan peralatan canggih yang mendetektsi kemungkinan adanya virus Ebola tersebut sehingga Calhaj jangan takut menunaikan rukun Islam kelima," kata Kepala Dinkes Maluku, Ike Pontoh, dikonfirmasi, Senin.

Apalagi, virus Ebola ternyata belum tertular di Indonesia sehingga Calhaj tak perlu kuatir dan diharapkan tenang ketika menunaikan ibadah haji.

Begitu pun, tegasnya, tidak ada penerbangan internasional langsung dari Indonesia ke benua Afrika yang memungkinkan bisa tertular virus penyakit tersebut.

"Jadi melalui koordinasi dengan Kementerian serta Kanwil Agama Maluku dimanfaatkan kegiatan manasik haji untuk menyosialisakan virus mematikan Ebola sehingga sejak dini bisa mengantisipasinya, sekaligus meyakinkan Calhaj agar jangan ragu ke tanah Suci," tegas Ike.

Terpenting, menurut dia, para Calhaj yang hendaknya ke Tanah Suci hendaknya mempersiapkan kondisi kesehatan secara prima dengan menerapkan hidup sehat, bersih dan mengkonsumsi makan bergizi.

"Perlu adanya kekebalan tubuh yang meningkat agar tidak mudah terserang virus penyakit, baik saat menunaikan ibadah haji maupun kembali ke tanah air," ujar Ike.

Para Calhaj juga sesuai anjuran Kementerian kesehatan perlu mendapatkan imunisasi tambahan sebelum diberangkatan untuk menunaikan ibadah haji.

Kementerian Kesehatan menganjurkan imunisasi Miningitis, Influenza dan Pneumoni.

Imunisasi ini bertujuan mencegah turunnya daya tahan tubuh, terutama saat menjalankan ibadah haji di Mekkah.

Kebijakan tersebut, sehubungan dengan mewabahnya virus mematikan Ebola di Benua Afrika yang hingga kini menelan korban jiwa hingga seribu orang lebih dan atas kejadian tersebut membuat pemerintah Arab Saudi membatalkan visa ribuan jamaah dari negara endemik Ebola khususnya dari Benua Afrika.

Para Calhaj juga dianjurkan agar menjalankan prosedur pencegahan secara pribadi selama di Mekkah, yakni sering mencuci tangan terutama ketika hendak makan atau minum, selalu memakai masker, mengonsumsi makanan yang sehat dan cukup.

Pewarta: Lexy Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014