Ambon (Antara Maluku) - Perahu layar Antipodes merupakan peserta lomba layar Internasional Darwin Ambon Yacht Race (DAYR) 2014 yang masuk finis pertama di pantai wisata Negeri Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon.

Perahu dengan kapten Geoff Hill dengan 17 anak buah itu tiba pada Senin (25/8) pukul 23.30 WIT dan disambut Wali Kota Ambon Richard Luohenapessy.

Sementara peserta berikutnya yakni perahu Australian Maid dengan kapen Jon Wardill diperkirakan masuk finis pada pukul 03.00 WIT (Selasa pagi) di Pantai Negeri Amahusu, kata John Burke, panitia asal Kota Darwin yang sudah berada di lokasi finis Negeri Amahusu sejak hari Minggu (24/8).

"Kemungkinan besok siang (Selasa, 26/8) akan tiba perahu ketiga dan akan masuk berturut-turut perahu peserta yang lain," katanya.

Menurut dia, perlombaan tahun ini sangat bagus sebab didukung dengan kecepatan angin yang bertiup sejak dilepas dari pantai Darwin pada hari Sabtu (23/8) pukul 11.00 waktu Darwin sampai masuk perairan Indonesia terutama Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) angin tetap bertiup.

"Kecuali pada saat perahu memasuki perairan dalam Tanjung Nusaniwe (P.Ambon) situasi tiupan angin agak berkurang," ujarnya.

Burke menambahkan, perahu Antipodes berlomba pada jenis Monohull bersama tiga perahu lainnya, kemudian jenis Cruising Multihull empat perahu, Crusing monohull delapan perahu dan jenis rally yachts tiga buah perahu.

Dengan demikian akan ada 19 perahu peserta lomba DAYR tahun 2014 yang masuk finis di pantai Negeri Amahusu.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014