Ambon (Antara Maluku) - Pemerintah Kota Ambon meluncurkan maskot program Mangente (datang dan mengunjungi) Ambon tahun 2015 "Huele" pada puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) kota ke-439.

Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy di Ambon, Senin mengatakan program Mangante Ambon dibuat agar masyarakat umum maupun wisatawan domestik dan mancanegara datang berkunjung ke kota yang dijuluki Ambon Manise itu.

Peluncuran maskot Mangente Ambon 2015 ditandai dengan penekanan tombol sirene yang membuka selubung tirai maskot oleh duta pariwisata kota Ambon artis dan pemain film Chico Jericho dan Shafira Uum.

Maskot Mangente Ambon merupakan simbol kegiatan yang akan dilakukan tahun 2015. Maskot yang dilambangkan dengan hewan asli Maluku Kusu atau kus-kus dan diberi nama Huele yang berarti memberitahukan kepada banyak orang.

Maskot yang diluncurkan berdasarkan lomba desain maskot yang bertujuan menghasilkan simbol atau lambang yang bermanfaat sebagai media promosi pariwisata.

Pelaksanaan program ini bertepatan dengan beberapa even di Ambon yakni Pesta Paduan Suara gerejawi (Pesparawi) tingkat nasional, dan konser 20 tahun berkarya atis asal Maluku Glenn Fredly pada tahun 2015.

"Ambon akan menjadi tuan rumah kegiatan tersebut, karena itu tahun 2015 diharapkan dapat menjadi tahun kunjungan wisata," kata wali kota.

Wali kota telah mendeklarasi program Visit Ambon dan selanjutnya akan menugaskan pimpinan SKPD untuk mengunjungi kota- kota di Indonesia.

"Setiap pimpinan SKPD bertugas untuk bertemu dengan gubernur dan wali kota, selanjutnya melakukan koordinasi dengan organisasi masyarakat (ormas) Ambon di daerah tersebut guna selanjutnya dapat diinformasikan ke masyarakat," katanya.

Ia menambahkan, program tersebut diharapkan dapat menjadi sarana pemulihan kondisi Ambon untuk kembali mendapat kepercayaan secara Nasional dan internasional.

"Visit Ambon bukan hanya untuk orang Ambon di Indonesia, tetapi juga masyarakat di luar negeri seperti Belanda, Australia dan negara lainnya.

Selain meluncurkan maskot mangente Ambon, Pemkot Ambon pada perayaan HUT juga menyerahkan bantuan tiga unit mobil kepada klasis GPM pulau Ambon Utara dan pulau Ambon timur, Badan Zakat, Infaq dan Sadaqoh (Basis) kota Ambon.

Pemkot Ambon juga menerima bantuan motor pemadam kebakaran dari Bank Maluku kepada Pemkot Ambon yang diserahkan Gubernur Maluku, Said Assagaf.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014