Ambon (Antara Maluku) - Menteri Perhubungan E.E. Mangindaan menyatakan, tuntutan masyarakat akan perubahan layanan jasa transportasi terus meningkat sejalan dengan perkembangan teknologi transportasi.

"Kita menghadapi arus globalisasi yang semakin masif dan komprehensip maka diperlukan kesiapan transportasi dalam menghadapi pasar tunggal ASEAN 2015," kata Mangindaan dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua, pada Upacara Apel Bendera Memperingati Hari Perhubungan Nasional 2014, di Ambon, Rabu.

Menurut Menteri Mangindaan, program pembangunan dan pengembangan transportasi yang terintegrasi dalam Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) belum dapat diwujudkan sepenuhnya.

"Program MP3EI merupakan program strategis untuk menjamin kesinambungan pembangunan transportasi. Melalui program ini kita akan memperkuat aspek konektivitas, keselamatan, aksesbilitas serta keterjangkauan domestik sekaligus untuk mendukung pembangunan ekonomi berkelanjutan," katanya.

Karena itu, segenap insan perhubungan dituntut untuk terus melakukan perubahan sikap dan pola pikir menghadapi berbagai tantangan ke depan.

"Satu hal penting yang perlu saya sampaikan yaitu dalam menghadapi tantangan-tantangan yang ada diperlukan kepekaan dan kemampuan untuk melakukan terobosan dan membuat inovasi bagi kepentingan peningkatan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat," pinta Mangindaan.

Melalui peringatan Hari Perhubungan Nasional tahun 2014, lanjut Mangindaan, "Kita tingkatkan pembangunan sektor transportasi untuk menuju Indonesia yang semakin maju dan sejahtera serta semakin memperkokoh rasa persatuan, persaudaraan dan kekeluargaan insan perhubungan," ujarnya.

Menteri Mangindaan juga berharap agar dengan semangat Hari Perhubungan Nasional dapat meningkatkan jiwa korsa dan memberi gairah kerja yang berarti bagi pembangunan transportasi di seluruh pelosok tanah air.

"Dengan bekerja keras dilandasi semangat pengabdian yang ikhlas serta senantiasa memohon petunjuk dan bimbingan Allah SWT, Insyah Allah, kita akan dapat mewujudkan cita-cita para pendahulu kita," katanya.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014